Santi, Wahyu Nur (2024) Analisis pendampingan guru dalam pencegahan bullying verbal peserta didik SD Muhammadiyah Bausasran Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005214_JUDUL__240604024449.pdf Download (670kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005214_BAB_I__240604024449.pdf Download (304kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005214_BAB_II__240604024449.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005214_BAB_III__240604024449.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005214_BAB_IV__240604024449.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005214_BAB_V__240604024449.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005214_DAFTAR_PUSTAKA__240604024449.pdf Download (525kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005214_LAMPIRAN__240604024449.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kesantunan berbahasa adalah salah satu aspek yang harus di perhatikan oleh pembicara dalam membuat sebuah tuturan kalimat yang akan disampaikan. Bullying adalah salah satu bentuk ketidaksantunan didalam berbahasa. Salah satu upaya untuk menangani tindakan bullying verbal kepada peserta didik yaitu dengan menggunakan pendampingan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk perilaku bullying verbal peserta didik SD Muhammadiyah Bausasran Yogyakarta dan mendeskripsikan pendampingan guru dalam mencegah bullying verbal peserta didik SD Muhammadiyah Bausasran Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Keabsahan data yang digunakan adalah menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah Guru SD Muhammadiyah Bausasran Yogyakarta sudah menerapkan pendampingan guru dengan menggunakan kesantunan berbahasa yang baik untuk mencegah tindakan bullying verbal peserta didik kelas IV. Bentuk bullying verbal yang terjadi di SD Muhammadiyah Bausasran Yogyakarta yaitu mengejek-ejek, mengolok-olok, menyoraki, mempermalukan dan memberi nama panggilan. Faktor yang mempengaruhi tindakan bullying verbal yaitu fator individu, faktor keluarga, faktor teman sebaya, faktor sekolah dan faktor media massa. Cara guru untuk mengatasi tindakan bullying verbal yang terjadi di kelas IV SD Muhammadiyah Bausasran Yogyakarta yaitu dengan memberikan pendampingan kepada peserta dengan menggunakan kesantunan berbahasa yang baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Guru, bullying, sekolah dasar, peserta didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 06:46 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 06:46 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64015 |
Actions (login required)
View Item |