Efektivitas bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan perilaku asertif pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Utami, Dea Putri (2024) Efektivitas bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan perilaku asertif pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900001186_JUDUL__240612093113.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900001186_BAB_I__240612093113.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900001186_BAB_II__240612093113.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900001186_BAB_III__240612093113.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900001186_BAB_IV__240612093113.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900001186_BAB_V__240612093114.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001186_DAFTAR_PUSTAKA__240612093114.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900001186_LAMPIRAN__240612093134.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku Asertif adalah kemampuan individu dalam menyatakan pikiran dan perasaannya dengan tegas, berani menolak sesuatu yang tidak sesuai dengan pikiran dan perasaannya. Perilaku asertif sangat penting untuk dimiliki oleh siswa agar ia mampu untuk berinteraksi dengan baik dalam lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan perilaku asertif siswa.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen one-group dengan menggunakan metode desain “pre-test-post-test”. Penentuan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebanyak 8 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Uji validitas menggunakan rumus product moment dengan bantuan SPSS versi 25. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Cronbach Alpha. Teknik pengumpulan data menggunakan skala Perilaku Asertif. Skala terdiri dari 39 item yang terbagi ke dalam 3 aspek yaitu mengungkapkan persaan positif, mengungkapkan perasaan negative, dan afirmasi diri. Data yang terkumpul dalam bentuk kuantitatif (angka) kemudian dianalisis secara statistik. Penggunaan analisis data statistik pada penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T-Test.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai Sig (2-tiled) 2.579 > 1,059. Artinya bahwa Ho ditolak an Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa “Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Efektif untuk Meningkatkan Perilaku Asertif di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta”.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: bimbingan kelompok, teknik diskusi, perilaku asertif
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:32
Last Modified: 13 Jun 2024 04:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64150

Actions (login required)

View Item View Item