Prabasari, Alifia (2024) Peningkatan kemampuan metakognisi melalui model pembelajaran NoS (Nature of Science) pada mata pelajaran IPAS Kelas IV SD Muhammadiyah Kleco. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005055_JUDUL__240612053650.pdf Download (643kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005055_BAB_I__240612054813.pdf Download (67kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005055_BAB_II__240612054831.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005055_BAB_III__240612054937.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005055_BAB_IV__240612054953.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005055_BAB_V__240612055018.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005055_DAFTAR_PUSTAKA__240612055040.pdf Download (175kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005055_LAMPIRAN__240612055140.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005055_NASKAH_PUBLIKASI__240612055157.pdf Download (197kB) |
Abstract
Adanya anggapan bahwa pelajaran IPAS sulit sehingga implementasi pembelajaran belum sepenuhnya tercapai. Kemampuan metakognisi siswa SD masih rendah dan perlu ditingkatkan dalam pembelajaran. Maka, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa kelas IV SD Muhammadiyah Kleco melalui model pembelajaran NoS pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pembelajaran IPAS melalui model pembelajaran Nature of Science (NoS). Penelitian terdiri dari 2 siklus dengan total 6 pertemuan, dilaksanakan pada awal semester 2 tahun ajaran 2023/2024 dari tanggal 2 Januari 2024 sampai 22 Januari 2024. Implikasi penelitian ini adalah peningkatan kemampuan metakognisi siswa dalam memahami IPAS, serta kontribusi terhadap pengembangan model pembelajaran NoS dan pendidikan secara umum.
Metode penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan taggart yang melibatkan siswa sebagai subjek penelitian. 4 tahap penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dirancang melalui 4 tahap yaitu pretest, siklus 1 (3 tindakan), suklus 2 (3 tindakan), dan postest dengan kriteria keberhasilan kemampuan metakognisi akan meningkat pada kategori tinggi mencapai lebih dari 35% serta mengalami penururnan pada kategori rendah. Teknik dan instrument menggunakan observasi keterlaksanaan NoS, wawancara peserta didik, dan angket MAI. Validitas ahli dan konstruk menggunakan skala likert serta reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran NoS berhasil diterapkan dengan sukses melalui 6 sintaks pembelajaran, meningkatkan kemampuan metakognisi siswa secara signifikan. Hasil postest 2 kategori tinggi mencapai 35 % kategori rendah 0%. Proses peningkatan terjadi secara bertahap dari siklus ke siklus, mencapai kriteria keberhasilan pada siklus 2, menunjukkan efektivitas model NoS dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam perencanaan, pemantauan, dan evaluasi diri dalam pembelajaran. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran NoS pada IPAS secara signifikan meningkatkan kemampuan metakognisi siswa, mendukung pengembangan pendidikan yang lebih baik di tingkat dasar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Metakognisi, model pembelajaran NoS, IPAS, kemampuan siswa, pendidikan dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Jun 2024 08:01 |
Last Modified: | 15 Jun 2024 08:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64211 |
Actions (login required)
View Item |