Peran guru dalam mengasah keterampilan menari melalui pembelajaran seni tari kelas IV SD Muhammdiyah Danunegaran Yogyakarta

Zain, Nadiah (2024) Peran guru dalam mengasah keterampilan menari melalui pembelajaran seni tari kelas IV SD Muhammdiyah Danunegaran Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005063_JUDUL__240615123457.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005063_BAB_I__240615123457.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005063_BAB_II__240615123457.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005063_BAB_III__240615123457.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005063_BAB_IV__240615123457.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005063_BAB_V__240615123457.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005063_DAFTAR_PUSTAKA__240615123457.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005063_LAMPIRAN__240615123457.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran seni tari mengedepankan kreativitas peserta didik agar peserta didik mampu membuat inovasi-inovasi, namun saat ini pelaksanaan pembelajaran seni tari di sekolah dasar hanya berfokus pada materi dan metode. Sehingga peran guru sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya pembelajaran seni tari di Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru dalam mengasah keterampilan menari melalui pembelajaran seni tari kelas IV SD Muhammadiyah Danunegaran.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam mengasah keterampilan menari melalui pembelajaran seni tari kelas IV SD Muhammadiyah Danunegaran Yogyakarta sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terbukti dari peran guru sebagai pengajar dengan memberikan materi tentang seni tari, peran guru sebagai fasilitator dengan menyediakan fasilitas yang sesuai dengan materi, peran guru sebagai pendidik dengan memberikan contoh gerakan yang baik, peran guru sebagai motivator dengan memberikan motivasi terkait keterampilan menari, peran guru sebagai pendidik dengan memberikn arahan dalam menyampaikan materi, serta peran guru sebagai evaluator dengan cara menilai keterampilan menari peserta didik. Peran guru dalam seni tari telah dikembangkan dengan mengintegrasikan wiraga, wirama, dan wirasa.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Peran guru, pembelajaran seni tari, keterampilan menari
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 22 Jun 2024 03:09
Last Modified: 22 Jun 2024 03:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64310

Actions (login required)

View Item View Item