Maharani, Elza Rahmi (2024) Analisis gerak tari dokar warisan pada siswa SD Negeri Karangputat 02 Cilacap. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005286_JUDUL__240615125330.pdf Download (758kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005286_BAB_I__240615125330.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005286_BAB_II__240615125330.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005286_BAB_III__240615125330.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005286_BAB_IV__240615125330.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005286_BAB_V__240615125330.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005286_DAFTAR_PUSTAKA__240615125330.pdf Download (185kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005286_LAMPIRAN__240615125330.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tari pada ranah pendidikan memegang peranan penting bagi perkembangan siswa dalam berbagai aspek diantaranya aspek moral, motorik, kognitif, dan sosial emosional. Oleh karena itu, SD Negeri Karangputat 02 menciptakan karya tari Dokar Warisan (Dolanan Karung Wadah Pari Kanggo Gurisan). Harapannya melalui tari Dokar Warisan tersebut dapat meningkatkan percaya diri siswa, mengembangkan kreativitas dan imajinasi siswa dalam seni tari. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis gerak tari Dokar Warisan pada siswa SD Negeri Karangputat 02.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu guru sekaligus koreografer tari Dokar Warisan, pengarang iringan, dan ketiga siswa penari tari Dokar Warisan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisi data menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan analisis yang telah dilakukan mencakup proses penciptaan, struktur gerak, dan unsur pendukung tari Dokar Warisan. Proses penciptaaan terdiri dari yang pertama penentuan tema, tari Dokar Warisan bertemakan Anak dan Lingkungan Sosial dalam kehidupan keseharian. Kedua, Eksplorasi gerak dilakukan dengan melihat dan mengamati gerakan petani. Ketiga, Improvisasi gerak dengan mengkreasikan gerakan petani menjadi gerakan tari dan permainan anak. Keempat, komposisi gerak terdiri dari 4 teknik yaitu unison, canon, alternate, dan broken. Unsur gerak tari Dokar Warisan memuat unsur utama tari yaitu unsur wiraga, wirama, dan wirasa. Ragam gerak tari Dokar Warisan terdiri dari 9 ragam gerak yang menggambarkan petani saat menjemur padi. Iringan tari Dokar Warisan berasal dari alat musik gamelan. Tata rias dan busana tari Dokar Warisan disesuaikan dengan karakteristik siswa SD. Properti yang digunakan pada tari Dokar Warisan yaitu karung seperti yang digunakan petani. Penyajian tari Dokar Warisan yaitu pada lomba tari kreasi FLS2N serta pada acara sekolah. Dari beberapa aspek tersebut memuat karakteristik siswa SD untuk membuktikan bahwa tari Dokar Warisan layak sebagai tari siswa SD.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Tari siswa SD, penciptaan tari siswa SD, tari dokar warisan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 22 Jun 2024 03:09 |
Last Modified: | 22 Jun 2024 03:09 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64314 |
Actions (login required)
View Item |