Divia, Bunga (2024) Efektivitas penerapan Problem based learning (Pbl) terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Blawong 1. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005135_JUDUL__240615015146.pdf Download (787kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005135_BAB_I__240615015146.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005135_BAB_II__240615015146.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005135_BAB_III__240615015146.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005135_BAB_IV__240615015146.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005135_BAB_V__240615015146.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005135_DAFTAR_PUSTAKA__240615015146.pdf Download (170kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005135_LAMPIRAN__240615015146.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belum maksimal. Selain itu, dalam proses pembelajarannya guru belum menerapkan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Blawong 1. (2) mengukur kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV SD menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran IPAS materi Indonesiaku Kaya Budaya di SD Muhammadiyah Blawong 1.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental. Desain penelitian ini adalah The One-Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IVA berjumlah 23 siswa dan IVB 23 siswa SD Muhammadiyah Blawong 1 dan sampel penelitian sebanyak 46 orang. Variabel yang di teliti yaitu model Problem Based Learning (Variabel X) dan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah (Variabel Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil data dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan uji hipotesis menggunakan teknik analisis data uji-t dengan bantuan progam SPSS versi 26.
Hasil penelitian ini diperoleh nilai Pretest keterampilan berpikir kritis dengan skor rata-rata sebesar 57,83. Kemudian diperoleh nilai Posttest berpikir kritis dengan skor sebesar 78,70. Kemudian untuk nilai Pretest kempuan pemecahan masalah skor rata-rata sebesar 65,65 dan diperoleh rata-rata skor Posttest sebesar 78,26. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang dimana nilai Sig. Tersebut < 0,05 makan Ha diterima dan Ho ditolak. Penelitian ini mengetahui bahwa model Problem Based Learning berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS materi Indonesiaku Kaya Budaya model Problem Based Learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS materi Indonesiaku Kaya Budaya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | model problem based learning, keterampilan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 06:28 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 06:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64325 |
Actions (login required)
View Item |