Rustiana, Yullia (2024) Ajaran budi pekerti dalam syair Patut Delapan sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMP kajian Hermeneutika Paul Ricoeur. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000003042_JUDUL__240617073934.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000003042_BAB_I__240617073934.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000003042_BAB_II__240617073934.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000003042_BAB_III__240617073934.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000003042_BAB_IV__240617073934.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000003042_BAB_V__240617073934.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000003042_DAFTAR_PUSTAKA__240617073934.pdf Download (148kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000003042_LAMPIRAN__240617073934.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000003042_NASKAH_PUBLIKASI__240617073934.pdf Download (364kB) |
Abstract
Kesulitan untuk memahami syair secara mendalam baik secara makna maupun struktur menjadi permasalahan dalam syair di Indonesia. Berangkat dari situ banyak masyarakat asli Melayu yang memberikan kemudahan secara materi dan dapat dipakai masyarakat lain dengan cara menyalin dan menerjemahkan syair-syair. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ajaran budi pekerti dalam syair Patut Delapan dalam buku Kitab Syair yang kemudian dianalisis berdasarkan kajian Hermeneutika Paul Ricoeur. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: (1) Mendeskripsikan ajaran budi pekerti dalam syair Patut Delapan dalam buku Kitab Syair sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMP (2) Mendeskripsikan Syair Patut Delapan dalam buku Kitab Syair sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMP.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah Syair Patut Delapan. Sedangkan objek penelitiannya adalah Ajaran Budi Pekerti yang terdapat dalam Syair Patut Delapan yang dimuat dalam buku Kitab Syair. Penelitian ini menggunakan kajian Hermeneutika Paul Ricoeur dan juga dikaitkan sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMP, khususnya pada materi Puisi Rakyat. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah peneliti sendiri yang berperan sebagai human instrument dengan bantuan perlengkapan yang berbentuk kartu informasi/data dan tabulasi data. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif dengan kajian Hermeneutika Paul Ricoeur.
Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut. (1) Ajaran budi pekerti dalam Syair Patut Delapan yang dimuat pada buku Kitab Syair ditemukan 9 kategori yaitu keyakinan beragama, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, cinta tanah air, cinta damai, dan taggung jawab. (2) Syair Patut Delapan yang dimuat pada buku Kitab Syair sesuai dengan konsep pemilihan bahan ajar dan Kurikulum Merdeka dengan (TP) 7.2.7 Peserta didik memahami isi/makna tersurat dan tersirat, kalimat pro dan kontra, menyimpulkan, dan merangkum dalam puisi rakyat, dari teks visual dan audiovisual atau teks yang dibaca dan dipirsa. Sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran sastra di jenjang SMP kelas VII.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Hermeneutika Paul Ricoeur, ajaran budi pekerti, syair Patut Delapan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 01:06 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 01:06 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64371 |
Actions (login required)
View Item |