Fuadi, Irfan (2024) Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan Kodular di kelas XI SMA Negeri 7 Purworejo pokok bahasan materi lingkaran. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006001_JUDUL__240622020320.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006001_BAB_I__240622015450.pdf Download (252kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006001_BAB_II__240622015450.pdf Restricted to Registered users only Download (861kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000006001_BAB_III__240622015450.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006001_BAB_IV__240622015450.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000006001_BAB_V__240622015450.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006001_DAFTAR_PUSTAKA__240622015450.pdf Download (168kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006001_LAMPIRAN__240622015450.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran matematika dengan menggunakan Kodular pada materi lingkaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka yang valid dan praktis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan media pembelajaran berupa aplikasi berbasis android di SMA Negeri 7 Purworejo sebagai alat penunjang proses pembelajaran matematika pada materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Purworejo yaitu kelas XI-7 dan XI-6, sedangkan objek penelitian ini adalah media GoMath pada materi Lingkaran. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara guru pra-penelitian, lembar angket siswa pra-penelitian, lembar angket validasi materi dan media, serta lembar angket respon peserta didik. Uji validasi dilakukan oleh 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli media.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media GoMath berupa aplikasi berbasis android yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan valid dan praktis. Hasil perhitungan dari penilaian ahli materi menunjukkan tingkat kevalidan sebesar
93% termasuk kategori sangat valid, sedangkan hasil validasi dari ahli media menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 91,48% termasuk kategori sangat valid. Adapun kriteria kepraktisan didapatkan dari hasil uji coba kepada peserta didik yang diuji sebanyak dua kali yaitu uji coba kelas kecil dengan jumlah 10 siswa dan kelas besar dengan jumlah 31 siswa. Uji coba kelas kecil mendapatkan perolehan nilai sebesar 87,65% termasuk kategori sangat praktis, sedangkan uji coba kelas
besar mendapatkan perolehan nilai sebesar 85,14% termasuk kategori sangat praktis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media pembelajaran, Kodular, kurikulum merdeka, lingkaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 20 Jul 2024 04:08 |
Last Modified: | 20 Jul 2024 04:08 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64584 |
Actions (login required)
View Item |