Apriliani, Rian (2024) Penerapan karakter Ahmad Dahlan melalui kegiatan pembelajaran di SD Muhammadiyah Suronatan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005281_JUDUL__240622022359.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005281_BAB_I__240622022359.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005281_BAB_II__240622022400.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005281_BAB_III__240622022400.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005281_BAB_IV__240622022400.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005281_BAB_V__240622022400.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005281_DAFTAR_PUSTAKA__240622022400.pdf Download (5MB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005281_LAMPIRAN__240622022400.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penanaman pendidikan karakter bagi anak masih kurang, sehingga diperlukannya pendidikan karakter tokoh masa lalu seperti K.H Ahmad Dahlan dengan karakter religius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter KH. Ahmad Dahlan, mengetahui tingkat keberhasilan penerapan nilai-nilai karakter Ahmad Dahlan, dan mengetahui penghambat dan pendukung dalam penerapan karakter Ahmad Dahlan di sekolah.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan karakter Ahmad Dahlan melalui kegiatan pembelajaran di SD Muhammadiyah Suronatan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Penerapan karakter Ahmad Dahlan melalui kegiatan pembelajaran di SD Muhammadiyah Suronatan yaitu 1) pengelolaan pelaksanaan pembelajaran karakter Ahmad Dahlan melalui kegiatan pembelajaran; 2) proses belajar mengajar komunikatif dalam menerapkan karakter Ahmad Dahlan di dalam dan di luar kelas, 3) evaluasi penerapan karakter Ahmad Dahlan melalui kegiatan pembelajaran. Dalam pelaksanaan penerapan karakter Ahmad Dahlan melalui kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Dengan demikian, diperlukannya Kerjasama antar sekolah, orang tua, dan peserta didik untuk menanamkan karakter Ahmad Dahlan baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Karakter, Ahmad Dahlan, pembelajaran |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 01:10 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 01:10 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64585 |
Actions (login required)
View Item |