Evitasari, Weni (2024) Internalisasi nilai-nilai karakter mandiri di masa Covid-19 ( studi kasus di SMP Negeri 2 Mesuji). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700031062_JUDUL__240624101856.pdf Download (772kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700031062_BAB_I__240622024157.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700031062_BAB_II__240622024157.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700031062_BAB_III__240622024157.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700031062_BAB_IV__240622024157.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700031062_BAB_V__240622024157.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700031062_DAFTAR_PUSTAKA__240622024157.pdf Download (103kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700031062_LAMPIRAN__240622024157.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi covid-19 berdampak pada lembaga pendidikan di Indonesia, yaitu dengan adanya kebijakan pembelajaran secara daring. Hal ini menyebabkan siswa dituntut untuk belajar mandiri, karena siswa tidak dapat melaksanakan pembelajaran langsung di kelas. Selain itu, kurangnya siswa memiliki rasa
tanggung jawab sehingga tidak sedikit siswa yang tidak tertib dalam pembelajaran dan pengumpulan tugas yang diberikan oleh guru. Tujuan penelian ini untuk mengetahui proses internalisasi nilai karakter mandiri saat pandemi di SMP Negeri 2 Mesuji dan apa yang menjadi penghambat serta solusi dari penghambat tersebut.
Penelitian menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya memakai
model miles dan huberman yakni reduksi data, display data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian memperlihatkan : (a) Internalisasi nilai-nilai karakter mandiri berjalan namun tidak terpenuhi seutuhnya. Serta dijalankan melalui kegiatan pembelajaran sehari hari yaitu pembiasaan, keteladanan, pemberian
nasehat yang mengarah kepada kemandirian. Meliputi kegiatan guru memberi gambaran orang yang memiliki karakter mandiri dan disampaikan berulang-ulang, guru memberitahu siswa bahwa penting atau tidak memiliki karakter mandiri setelah itu siswa memberikan respon dan mengamalkannya dan guru ikut
memoraktekkan apa yang telah disampaikan. Kemandirian ini bertujuan memberikan dampak positif bagi siswa sehingga terbentuklah dalam tingkah laku dan pola fikir. Di SMP 2 Mesuji ini anak dilibatkan langsung dalam hal-hal
kemandirian. (b) Kendala dalam penginternalisasian nilai karakter mandiri pada masa covid-19 di SMP Negeri 2 Mesuji diantaranya: Tidak bertemu tatap muka dan siswa tidak memperhatikan grup pembelajaran, sedangkan bagian kunci dari
mandiri meliputi kesadaran akan situasi atau kondisi yang dihadapi serta tidak memiliki Handphone, Solusi dari hambatan tersebut yakni: Guru berupaya semaksimal mungkin serta memberikan motivasi, motivasi memiliki peranan
penting dalam mengembangkan kemandirian siswa, dengan adanya motivasi yang selalu diberikan oleh guru secara tidak langsung semangat itu akan muncul maupun meningkat sehingga akan tumbuh semangat belajar siswa, home visit untuk siswa
yang memiliki kendala dan pendampingan lebih.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Internalisasi, nilai karakter mandiri, pandemi |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 20 Jul 2024 04:37 |
Last Modified: | 20 Jul 2024 04:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64587 |
Actions (login required)
View Item |