Internalisasi nilai-nilai karakter mandiri di masa Covid-19 ( studi kasus di SMP Negeri 2 Mesuji)

Evitasari, Weni (2024) Internalisasi nilai-nilai karakter mandiri di masa Covid-19 ( studi kasus di SMP Negeri 2 Mesuji). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700031062_JUDUL__240624101856.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700031062_BAB_I__240622024157.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700031062_BAB_II__240622024157.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700031062_BAB_III__240622024157.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700031062_BAB_IV__240622024157.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700031062_BAB_V__240622024157.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700031062_DAFTAR_PUSTAKA__240622024157.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1700031062_LAMPIRAN__240622024157.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 berdampak pada lembaga pendidikan di Indonesia, yaitu dengan adanya kebijakan pembelajaran secara daring. Hal ini menyebabkan siswa dituntut untuk belajar mandiri, karena siswa tidak dapat melaksanakan pembelajaran langsung di kelas. Selain itu, kurangnya siswa memiliki rasa
tanggung jawab sehingga tidak sedikit siswa yang tidak tertib dalam pembelajaran dan pengumpulan tugas yang diberikan oleh guru. Tujuan penelian ini untuk mengetahui proses internalisasi nilai karakter mandiri saat pandemi di SMP Negeri 2 Mesuji dan apa yang menjadi penghambat serta solusi dari penghambat tersebut.
Penelitian menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya memakai
model miles dan huberman yakni reduksi data, display data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian memperlihatkan : (a) Internalisasi nilai-nilai karakter mandiri berjalan namun tidak terpenuhi seutuhnya. Serta dijalankan melalui kegiatan pembelajaran sehari hari yaitu pembiasaan, keteladanan, pemberian
nasehat yang mengarah kepada kemandirian. Meliputi kegiatan guru memberi gambaran orang yang memiliki karakter mandiri dan disampaikan berulang-ulang, guru memberitahu siswa bahwa penting atau tidak memiliki karakter mandiri setelah itu siswa memberikan respon dan mengamalkannya dan guru ikut
memoraktekkan apa yang telah disampaikan. Kemandirian ini bertujuan memberikan dampak positif bagi siswa sehingga terbentuklah dalam tingkah laku dan pola fikir. Di SMP 2 Mesuji ini anak dilibatkan langsung dalam hal-hal
kemandirian. (b) Kendala dalam penginternalisasian nilai karakter mandiri pada masa covid-19 di SMP Negeri 2 Mesuji diantaranya: Tidak bertemu tatap muka dan siswa tidak memperhatikan grup pembelajaran, sedangkan bagian kunci dari
mandiri meliputi kesadaran akan situasi atau kondisi yang dihadapi serta tidak memiliki Handphone, Solusi dari hambatan tersebut yakni: Guru berupaya semaksimal mungkin serta memberikan motivasi, motivasi memiliki peranan
penting dalam mengembangkan kemandirian siswa, dengan adanya motivasi yang selalu diberikan oleh guru secara tidak langsung semangat itu akan muncul maupun meningkat sehingga akan tumbuh semangat belajar siswa, home visit untuk siswa
yang memiliki kendala dan pendampingan lebih.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Internalisasi, nilai karakter mandiri, pandemi
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 20 Jul 2024 04:37
Last Modified: 20 Jul 2024 04:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64587

Actions (login required)

View Item View Item