Keefektifan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif untuk meningkatkan perilaku asertif dalam berkomunikasi siswa MTS Mu’allimaat Yogyakarta

Septdiningtyas, Dineda Primas (2024) Keefektifan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif untuk meningkatkan perilaku asertif dalam berkomunikasi siswa MTS Mu’allimaat Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001017_JUDUL__240621085427.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001017_BAB_I__240621085427.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001017_BAB_II__240621085427.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001017_BAB_III__240621085427.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001017_BAB_IV__240621085427.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001017_BAB_V__240621085427.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001017_DAFTAR_PUSTAKA__240621085427.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000001017_LAMPIRAN__240621085427.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku asertif dalam berkomunikasi penting bagi remaja agar memiliki pemahaman dan keberanian dalam menolak terhadap apa yang tidak sesuai dengan keinginannya, menyampaikan pendapat dan mampu mengekspresikan perasaannya secara tepat, jujur tanpa adanya perasaan takut menyinggung orang lain. Rendahnya perilaku asertif dalam berkomunikasi pada siswa menyebabkan perasaan tidak nyaman karena menyimpan permasalahan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif dalam meningkatkan perilaku asertif siswa MTS Mu’Allimaat Yogyakarta.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimental dengan design Pretest Posttest Control Group Design. Sample penelitian ini berjumlah 10 orang siswa. Populasi penelitian ini berjumlah 142 responden. Uji Validitas penelitian ini menggunakan Product Moment sedangkan uji realibilitas menggunakan Alpha Cornbach dengan bantuan SPSS.
Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Independent sample T-Test dengan bantuan SPSS for windows versi 26. Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik
reinforcement positif terbukti efektif untuk meningkatkan perilaku asertif dalam berkomunikasi siswa kelas VII MTS Mu’Allimaat Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifkan sebesar 0,010 yang berarti Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Konseling kelompok, teknik reinforcement positif, perilaku asertif dalam berkomunikasi
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:05
Last Modified: 19 Jul 2024 07:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64607

Actions (login required)

View Item View Item