Maulina, Maulina (2024) Penggunaan model discovery learning dalam mengembangkan kreativitas peserta didik kelas IV pada pembelajaran musik di SD Muhammadiyah Noyokerten. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005082_JUDUL__240620084958.pdf Download (589kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005082_BAB_I__240620084958.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005082_BAB_II__240620084958.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005082_BAB_III__240620084958.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005082_BAB_IV__240620084958.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005082_BAB_V__240620084958.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005082_DAFTAR_PUSTAKA__240620084958.pdf Download (79kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005082_LAMPIRAN__240620084958.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005082_NASKAH_PUBLIKASI__240620084958.pdf Download (546kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran musik pada saat ini belum berjalan sesuai yang diharapkan, sering ditemui berbagai masalah dan kendala yang dijumpai pada saat pembelajaran musik. Salah satunya model yang digunakan guru cenderung klasikal dan belum mampu mendorong kreativitas peserta didik. Model belajar mengajar yang menyenangkan dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari dan menemukan kreativitasnya dalam pembelajaran musik salah satunya adalah model belajar mengajar yang dikenal dengan discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model discovery learning dalam mengembangkan kreativitas peserta didik pada pembelajaran musik serta pengaruhnya terhadap kreativitas peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Noyokerten. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan 4 peserta didik kelas IV. Obyek penelitiannya mencakup penggunaan model discovery learning dalam mengembangkan kreativitas peserta didik kelas IV pada pembelajaran musik di SD Muhammadiyah Noyokerten. Teknik dan instrument pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik setelah guru menggunakan model discovery learning pada pembelajaran musik dapat menyusun lirik lagu dengan baik menggunakan kata yang variatif atau beragam sesuai dengan nada yang ditentukan dan kegiatan pembelajaran menjadi lebih aktif. Kontribusi dari penelitian ini adalah bahwa model discovery learning efektif dalam mengembangkan kreativitas peserta didik, khususnya dalam kemampuan menyusun lirik lagu dengan penggunaan kata yang variatif dan sesuai dengan nada.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Discovery learning, kreativitas, pembelajaran musik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 04:19 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 04:19 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64648 |
Actions (login required)
View Item |