Penggunaan model discovery learning dalam mengembangkan kreativitas peserta didik kelas IV pada pembelajaran musik di SD Muhammadiyah Noyokerten

Maulina, Maulina (2024) Penggunaan model discovery learning dalam mengembangkan kreativitas peserta didik kelas IV pada pembelajaran musik di SD Muhammadiyah Noyokerten. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005082_JUDUL__240620084958.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005082_BAB_I__240620084958.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005082_BAB_II__240620084958.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005082_BAB_III__240620084958.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005082_BAB_IV__240620084958.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005082_BAB_V__240620084958.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005082_DAFTAR_PUSTAKA__240620084958.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005082_LAMPIRAN__240620084958.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005082_NASKAH_PUBLIKASI__240620084958.pdf

Download (546kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran musik pada saat ini belum berjalan sesuai yang diharapkan, sering ditemui berbagai masalah dan kendala yang dijumpai pada saat pembelajaran musik. Salah satunya model yang digunakan guru cenderung klasikal dan belum mampu mendorong kreativitas peserta didik. Model belajar mengajar yang menyenangkan dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari dan menemukan kreativitasnya dalam pembelajaran musik salah satunya adalah model belajar mengajar yang dikenal dengan discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model discovery learning dalam mengembangkan kreativitas peserta didik pada pembelajaran musik serta pengaruhnya terhadap kreativitas peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Noyokerten. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan 4 peserta didik kelas IV. Obyek penelitiannya mencakup penggunaan model discovery learning dalam mengembangkan kreativitas peserta didik kelas IV pada pembelajaran musik di SD Muhammadiyah Noyokerten. Teknik dan instrument pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik setelah guru menggunakan model discovery learning pada pembelajaran musik dapat menyusun lirik lagu dengan baik menggunakan kata yang variatif atau beragam sesuai dengan nada yang ditentukan dan kegiatan pembelajaran menjadi lebih aktif. Kontribusi dari penelitian ini adalah bahwa model discovery learning efektif dalam mengembangkan kreativitas peserta didik, khususnya dalam kemampuan menyusun lirik lagu dengan penggunaan kata yang variatif dan sesuai dengan nada.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Discovery learning, kreativitas, pembelajaran musik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:19
Last Modified: 25 Jun 2024 04:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64648

Actions (login required)

View Item View Item