Sari, Dinda Permata (2024) Persepsi siswa terhadap penerapan ice breaking menyanyi dalam pembelajaran matematika di SD Muhammadiyah Karangbendo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005169_JUDUL__240620060235.pdf Download (710kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005169_BAB_I__240620060235.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005169_BAB_II__240620060235.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005169_BAB_III__240620060235.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005169_BAB_IV__240620060235.pdf Restricted to Registered users only Download (877kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005169_BAB_V__240620060235.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005169_DAFTAR_PUSTAKA__240620060235.pdf Download (186kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005169_LAMPIRAN__240620060235.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Ice breaking adalah salah satu aktivitas atau permainan yang dilakukan untuk memecahkan kebekuan, kekakuan, atau ketegangan di dalam kelas agar tercipta suasana yang kondusif dan menyenangkan bagi peserta didik untuk belajar. Pembelajaran Matematika di kelas VI SD Muhammadiyah Karangbendo sebelum adanya ice breaking ada yang jenuh, merasa bosan, mengantuk dan pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa kelas VI SD Muhammadiyah Karangbendo setelah penerapan ice breaking menyanyi pada pembelajaran Matematika serta untuk mengetahui bagaimana kendala penerapan ice breaking menyanyi pada pembelajaran Matematika di kelas VI SD Muhammadiyah Karangbendo.
Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian berupa siswa kelas VI SD Muhammadiyah Karangbendo dan objek penelitian berupa persepsi menggunakan ice breaking menyanyi pada pembelajaran Matematika di kelas VI SD Muhammadiyah Karangbendo. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Uji keabsahan data memakai triangulasi, kemudian data dianalisis dengan memakai metode reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memberikan persepsi yang positif terhadap penerapan ice breaking menyanyi pada pembelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat dari penyerapan/penerimaan, pengertian/pemahaman, dan penilaian/evaluasi peserta didik. Hasil penelitian ini berkontribusi membantu siswa mengingat dan memahami konsep Matematika dengan cara yang menyenangkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Ice breaking, menyanyi, pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 04:20 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 04:20 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64698 |
Actions (login required)
View Item |