Persepsi siswa terhadap penerapan ice breaking menyanyi dalam pembelajaran matematika di SD Muhammadiyah Karangbendo

Sari, Dinda Permata (2024) Persepsi siswa terhadap penerapan ice breaking menyanyi dalam pembelajaran matematika di SD Muhammadiyah Karangbendo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005169_JUDUL__240620060235.pdf

Download (710kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005169_BAB_I__240620060235.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005169_BAB_II__240620060235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005169_BAB_III__240620060235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005169_BAB_IV__240620060235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005169_BAB_V__240620060235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005169_DAFTAR_PUSTAKA__240620060235.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005169_LAMPIRAN__240620060235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ice breaking adalah salah satu aktivitas atau permainan yang dilakukan untuk memecahkan kebekuan, kekakuan, atau ketegangan di dalam kelas agar tercipta suasana yang kondusif dan menyenangkan bagi peserta didik untuk belajar. Pembelajaran Matematika di kelas VI SD Muhammadiyah Karangbendo sebelum adanya ice breaking ada yang jenuh, merasa bosan, mengantuk dan pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa kelas VI SD Muhammadiyah Karangbendo setelah penerapan ice breaking menyanyi pada pembelajaran Matematika serta untuk mengetahui bagaimana kendala penerapan ice breaking menyanyi pada pembelajaran Matematika di kelas VI SD Muhammadiyah Karangbendo.
Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian berupa siswa kelas VI SD Muhammadiyah Karangbendo dan objek penelitian berupa persepsi menggunakan ice breaking menyanyi pada pembelajaran Matematika di kelas VI SD Muhammadiyah Karangbendo. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Uji keabsahan data memakai triangulasi, kemudian data dianalisis dengan memakai metode reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memberikan persepsi yang positif terhadap penerapan ice breaking menyanyi pada pembelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat dari penyerapan/penerimaan, pengertian/pemahaman, dan penilaian/evaluasi peserta didik. Hasil penelitian ini berkontribusi membantu siswa mengingat dan memahami konsep Matematika dengan cara yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Ice breaking, menyanyi, pembelajaran matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:20
Last Modified: 25 Jun 2024 04:20
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64698

Actions (login required)

View Item View Item