Amalia, Giska (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis iSpring Suite dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education pokok bahasan peluang. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2015006024_JUDUL__240624092255.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2015006024_BAB_I__240624092255.pdf Download (807kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2015006024_BAB_II__240624092255.pdf Restricted to Registered users only Download (935kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2015006024_BAB_III__240624092255.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2015006024_BAB_IV__240624092255.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2015006024_BAB_V__240624092255.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2015006024_DAFTAR_PUSTAKA__240624092255.pdf Download (834kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2015006024_LAMPIRAN__240624092255.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berbasis iSpring Suite dengan pendekatan Realistic Mathematics Education pokok bahasan peluang yang layak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan media pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka, untuk menunjang proses pembelajaran pada materi peluang yang dianggap sulit bagi peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sleman.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara pra-penelitian, lembar angket validasi ahli materi dan media, serta lembar angket respon peserta didik. Uji validasi dilakukan oleh 2 validator ahli media dan 2 validator ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis iSpring Suite sudah sesuai dengan pendekatan Realistic Mathematics Education diperoleh rata-rata skor 22 memenuhi kriteria sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian dari ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 84,5 yang memenuhi kriteria sangat baik dan hasil penelitian dari ahli media diperoleh rata-rata skor sebesar 80,5 yang memenuhi kriteria baik. Sedangkan untuk hasil respon peserta didik terhadap uji coba kelas kecil dengan jumlah 5 peserta didik diperoleh rata-rata skor sebesar 47 memenuhi kriteria baik dan uji coba kelas besar dengan jumlah 28 peserta didik diperoleh rata-rata skor sebesar 49,142 yang memenuhi kriteria baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media pembelajaran, iSpring Suite, Realistic Mathematics Education, peluang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 02:41 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 02:41 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64736 |
Actions (login required)
View Item |