Shahidayanti, Tutik (2024) Pengembangan modul materi dimensi tiga berbasis Ethno-Rme yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207050002_JUDUL__240624025442.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207050002_BAB_I__240624102310.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207050002_BAB_II__240624102310.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207050002_BAB_III__240624102310.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207050002_BAB_IV__240624102310.pdf Restricted to Registered users only Download (957kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207050002_BAB_V__240624102310.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207050002_DAFTAR_PUSTAKA__240624102310.pdf Download (146kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2207050002_LAMPIRAN__240624102529.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul materi dimensi tiga berbasis Ethno-RME yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan berpikir krtitis siswa. Penelitian ini adalah penelitian Design Research dengan tipe Delevopment Studies yang terdiri dari dua tahapan yaitu tahap Preliminary dan Formative Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 5 Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar instrumen penilaian kualitas produk oleh ahli materi dan media, lembar instrumen respon siswa, dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan uji validitas, modul materi dimensi tiga berbasis Ethno-RME yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis termasuk dalam kategori “Baik” dari segi materi dengan rata-rata skor 141 dan termasuk kategori “Sangat Baik” dari segi media dengan rata-rata skor 131. Berdasarkan hasil uji validitas tersebut modul dinyatakan memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan hasil respon siswa pada tahap small group, modul yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 72,33 dengan kategori “Sangat Baik” dan hasil respon siswa pada tahap field test, modul memperoleh skor rata-rata 72,36 dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan instrumen respon siswa, modul dinyatakan memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil post-test kemampuan berpikir kritis memperoleh rata-rata skor 75,51. Hasil post-test ini menunjukkan bahwa modul berbasis Ethno-RME memiliki efek potensial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Modul dimensi tiga, Ethno-RME, design research, berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 02:41 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 02:41 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64741 |
Actions (login required)
View Item |