Pengembangan modul materi dimensi tiga berbasis Ethno-Rme yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa

Shahidayanti, Tutik (2024) Pengembangan modul materi dimensi tiga berbasis Ethno-Rme yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2207050002_JUDUL__240624025442.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2207050002_BAB_I__240624102310.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2207050002_BAB_II__240624102310.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2207050002_BAB_III__240624102310.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2207050002_BAB_IV__240624102310.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2207050002_BAB_V__240624102310.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2207050002_DAFTAR_PUSTAKA__240624102310.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2207050002_LAMPIRAN__240624102529.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul materi dimensi tiga berbasis Ethno-RME yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan berpikir krtitis siswa. Penelitian ini adalah penelitian Design Research dengan tipe Delevopment Studies yang terdiri dari dua tahapan yaitu tahap Preliminary dan Formative Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 5 Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar instrumen penilaian kualitas produk oleh ahli materi dan media, lembar instrumen respon siswa, dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan uji validitas, modul materi dimensi tiga berbasis Ethno-RME yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis termasuk dalam kategori “Baik” dari segi materi dengan rata-rata skor 141 dan termasuk kategori “Sangat Baik” dari segi media dengan rata-rata skor 131. Berdasarkan hasil uji validitas tersebut modul dinyatakan memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan hasil respon siswa pada tahap small group, modul yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 72,33 dengan kategori “Sangat Baik” dan hasil respon siswa pada tahap field test, modul memperoleh skor rata-rata 72,36 dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan instrumen respon siswa, modul dinyatakan memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil post-test kemampuan berpikir kritis memperoleh rata-rata skor 75,51. Hasil post-test ini menunjukkan bahwa modul berbasis Ethno-RME memiliki efek potensial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: Modul dimensi tiga, Ethno-RME, design research, berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:41
Last Modified: 27 Jun 2024 02:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64741

Actions (login required)

View Item View Item