Salmadatu, Zaki Afnan (2024) Analisis pembelajaran akhlak prespektif Buya Hamka dalam upaya penguatan profil pelajar Pancasila. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207052002_JUDUL__240624022715.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207052002_BAB_I__240624023034.pdf Download (535kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207052002_BAB_II__240624022715.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207052002_BAB_III__240624022715.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207052002_BAB_IV__240624022715.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207052002_BAB_V__240624022715.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207052002_DAFTAR_PUSTAKA__240624022715.pdf Download (404kB) |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2207052002_NASKAH_PUBLIKASI__240624024538.pdf Download (459kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya kebijakan baru oleh pemerintah terkait pengembangan kurikulum pendidikan. Kebijakan tersebut diusung dalam rangka membentuk revolusi pendidikan dengan mewujudkan profil Pancasila. Penelitian tesis ini akan mendalami terkait proses pembelajaran akhlak sebagai upaya penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam implementasi kurikulum merdeka belajar dengan mengusung Buya Hamka sebagai tokoh yang telah berjasa dalam mengulas nilai-nilai akhlak melalui penelitiannya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah jenis penelitian yang digunakan untuk mengkaji dan menganalisis informasi melalui kajian literatur. Jenis pendekatan penelitian ini pendekatan kualitatif yang menggunakan teknik pustaka yaitu data yang digunakan berupa bahan-bahan kepustakaan, berupa buku, kamus, dan artikel. Adapun langkah analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, redukasi data, display data, verifikasi data, dan validasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep akhlak menurut Buya Hamka dalam proses pembelajaran diarahkan pada pembentukan dan pembinaan akhlak mulia siswa yang terdapat lima indikator yaitu berorientasi tujuan, rasa wajib, keinginan bekerja, pengaruh iman, pengaruh ibadah. Sehingga dapat diterapkan dengan metode yang dituangkan melalui kegiatan pembelajaran siswa, yaitu pemahaman, pembiasaan, nasihat, dan keteladanan. Hasil analisis P5 dalam upaya penguatan akhlak siswa dapat diterapkan melalui enam pilar P5 dengan dikuatkan oleh konsep akhlak yaitu pemahaman, keteladanan, pembiasaan, dan nasihat. Hasil analisis P5 yang ditinjau melalui konsep akhlak Buya Hamka dapat dilakukan melalui lima cara yaitu menjaga pergaulan, senantiasa berpikir positif, menjaga syahwat, tadbir, dan introspeksi diri. Melalui lima cara tersebut dikuatkan dengan empat prinsip P5 di sekolah yang ditinjau dengan konsep akhlak yaitu dengan sistem belajar yang holistik, kontekstual, berpusat pada siswa, dan eksploratif. Sehingga pembelajaran akhlak mendorong penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui pilar elemen P5 tersebut dalam membentuk akhlak mulia siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Buya Hamka, akhlak mulia, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 02:44 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 02:44 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64743 |
Actions (login required)
View Item |