Bagaskara, Roza (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis keragaman budaya Yogyakarta muatan IPAS pada kelas IV SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700005237_JUDUL__240627122254.pdf Download (914kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700005237_BAB_I__240627122254.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700005237_BAB_II__240627122254.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700005237_BAB_III__240627122254.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700005237_BAB_IV__240627122254.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700005237_BAB_V__240627122254.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700005237_DAFTAR_PUSTAKA__240627122254.pdf Download (289kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700005237_LAMPIRAN__240626104015.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1700005237_NASKAH_PUBLIKASI__240626104015.pdf Download (802kB) |
Abstract
Peserta didik kelas IV sekolah dasar masih mengalami kesulitan dalam memahami materi keberagaman budaya Yogyakarta. Penyediaan media pembelajaran guna mendukung peningkatan pemahaman materi keberagaman budaya Yogyakarta juga masih kurang bervariasi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas serta kelayakan media pembelajaran LKPD materi keberagaman budaya Yogyakarta kelas IV Sekolah Dasar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dengan model Borg & Gall. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, ahli bahasa, ahli pembelajaran, guru, dan peserta didik kelas IV. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil pengembangan pada penelitian ini adalah media pembelajaran LKPD interaktif materi keberagaman budaya Yogyakarta. Adapun media LKPD ini telah melalui uji validasi oleh para validator yaitu ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan ahli pembelajaran serta respon guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil validasi oleh para validator maka diperoleh nilai 85 dari ahli media dan termasuk dalam kriteria “Sangat baik”. Penilaian dari ahli materi memperoleh nilai 75 dan termasuk dalam kategori “Baik”. Adapun penilaian dari ahli bahasa memperoleh nilai 70 dan termasuk dalam kategori “Baik”. Adapun penilaian dari ahli pembelajaran memperoleh nilai 78 dan termasuk dalam kategori “Sangat baik”. Nilai rata-rata yang diperoleh dari penilaian keempat ahli tersebut adalah. 77 dan termasuk dalam kriteria “Sangat baik”. Berdasarkan penilaian dari guru memperoleh nilai 78.dan termasuk dalam kategori “Sangat baik”. Adapun rata-rata respon peserta didik memperoleh nilai 87 dan termasuk dalam kategori “Sangat baik”. Sehingga diharapkan media LKPD ini dapat menjadi media pembelajaran bagi peserta didik kelas IV dalam menambah pengetahuan mengenai materi keberagaman budaya Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | LKPD, keragaman budaya, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 06 Jul 2024 01:10 |
Last Modified: | 06 Jul 2024 01:10 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64849 |
Actions (login required)
View Item |