Hanifah, Nada Yumna (2024) Penerapan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila pada peserta didik kelas IV SD Negeri Golo Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005073_JUDUL__240626073812.pdf Download (902kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005073_BAB_I__240626073812.pdf Download (347kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005073_BAB_II__240626073812.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005073_BAB_III__240626073812.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005073_BAB_IV__240626073812.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005073_BAB_V__240626073812.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005073_DAFTAR_PUSTAKA__240626073812.pdf Download (440kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005073_LAMPIRAN__240626073812.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005073_NASKAH_PUBLIKASI__240626073812.pdf Download (681kB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Pancasila sebagai nilai kehidupan di kelas IV SD Negeri Golo Yogyakarta disebabkan peserta didik masih banyak yang belum memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Pancasila sebagai nilai kehidupan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis and Mc Taggart. Model tersebut terdapat empat tahap yaitu tahap rencana (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini peserta didik kelas IV SD Negeri Golo Yogyakarta. Proses pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang diterapkan pada materi Pancasila sebagai nilai kehidupan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa pretest dan posttest, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian pada pembelajaran Pendidikan Pancasila pada materi Pancasila sebagai nilai kehidupan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik terlihat dari kondisi awal pra tindakan sebesar 18% pada pretest siklus I sebesar 41%, pada posttest siklus I sebesar 64%, pada pretest siklus II sebesar 77%, pada posttest siklus II sebesar 86%. Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran PBL menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dari aspek kognitif. Tidak hanya model pembelajaran PBL, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan inovasi pembelajaran yang ada di kelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Model problem based learning, hasil belajar, pendidikan pancasila, peserta didik, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 07:23 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 07:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64867 |
Actions (login required)
View Item |