Pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an dan zikir terhadap regulasi emosi mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan

Muhliana, Syafira Intan (2024) Pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an dan zikir terhadap regulasi emosi mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000031175_JUDUL__240626105458.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000031175_BAB_I__240626105458.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000031175_BAB_II__240626105458.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000031175_BAB_III__240626105458.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000031175_BAB_IV__240626105458.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000031175_BAB_V__240626105458.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031175_DAFTAR_PUSTAKA__240626105458.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000031175_LAMPIRAN__240626105458.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kebiasaan membaca Al-Qur’an dan zikir merupakan sarana untuk menggapai ketenangan dan ketentraman jiwa. Namun sayangnya, seseorang yang sudah membiasakan diri untuk membaca Al-Qur’an dan zikir tetap merasa cemas, karena dirinya belum mampu meregulasi emosinya dengan baik. Hal ini dialami oleh mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan angkatan 2023, karena tengah berada pada masa peralihan remaja menuju dewasa awal. Dimana kerap mengalami kendala seperti adaptasi dengan lingkungan baru, manajemen waktu yang kurang baik, dan permasalahan finansial. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara kebiasaan membaca Al-Qur’an dan zikir terhadap regulasi emosi mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, dengan teknik sampling yaitu simple ramdom sampling. Total sampel yang dihasilkan sebanyak 96 mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2023. Variabel dalam penelitian ini terbagi menjadi variabel dependen (kebiasaan membaca Al-Qur’an dan kebiasaan zikir) dan variabel independen (regulasi emosi). Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuisioner/angket. Proses pengolahan data penelitian, melibatkan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi (normalitas, linearitas, homoskedastisitas, dan multikolinearitas), serta metode analisis data menerapkan analisis regresi linear sederhana dan berganda, yang dibantu aplikasi SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, adanya pengaruh positif dan signifikan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap regulasi emosi mahasiswa PAI UAD, sebesar 19,1% dengan tingkat kepercayaan 95%. Kedua, terdapat pengaruh kebiasaan zikir terhadap regulasi emosi secara positif dan signifikan, dengan kontribusi sebesar 47,7% dengan tingkat kepercayaan 95%. Ketiga, kebiasaan membaca Al-Qur’an dan zikir regulasi emosi berpengaruh terhadap regulasi emosi sebesar 48,1%, dengan tingkat kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pengaruh, kebiasaan membaca Al-Qur’an, kebiasaan zikir, regulasi emosi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 29 Jun 2024 01:24
Last Modified: 29 Jun 2024 01:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64883

Actions (login required)

View Item View Item