Aprilia, Mega Safrida (2024) Pengembangan teknik outdoor learning dalam pembelajaran teks puisi di kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800003087_JUDUL__240627111827.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800003087_BAB_I__240626102345.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800003087_BAB_II__240626102345.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800003087_BAB_III__240626102345.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800003087_BAB_IV__240626102345.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800003087_BAB_V__240626102345.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800003087_DAFTAR_PUSTAKA__240626102345.pdf Download (93kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800003087_LAMPIRAN__240626102345.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800003087_NASKAH_PUBLIKASI__240626102345.pdf Download (893kB) |
Abstract
Minat peserta didik yang rendah dalam menulis puisi membuat peserta didik kurang menyukai pembelajaran menulis puisi hal tersebut karena jarang ada kesempatan untuk praktek menulisdi sekolah sehingga mereka merasa bosan. Alasan lain dari kurang berminatnya peserta didik menciptakan sebuah karya sastra (puisi) ialah mereka kesulitan menemukan ide-ide cemerlang, gagasan-gagasan yang kreatif yang akan mereka masukan dalam tulisan mereka. Tujuandari penelitian ini, yaitu : (1) mendeskripsikan model pembelajaran yang digunakan pada materi teks puisi menggunakan teknik outdoor learning di kelas VIII SMP, (2) memaparkan kelayakan model pembelajaran teknik outdoor learning pada materi teks puisi di SMP kelas VIII,
(3) memaparkan cara pelaksanaan pembelajaran teknik outdoor learning pada materi teks puisi di SMP kelas VIII.
Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik nontes. Dengan memanfaatkan model analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation) atau biasa disebut dengan ADDIE, penggunaan model pengembangan tersebut bertujuan untuk mengembangkan teknik pembelajaran yang menyenangkan.
Hasil dari penelitian ini ialah sebelum melaksanakan pengembangan perlu melakukan uji validasi terlebih dahulu, pada penelitian ini uji validasi dilakukan oleh dosen ahli materi dan ahli pengajaran yang ada di SMP N 3 Imogiri. Pelaksanaan dilakukan dengan diawali oleh guru yang mempersiapkan media pembelajaran dan juga menentukan tempat yang akan digunakan untuk melaksanakan pembelajaran outdoor learning kemudian peserta didik mengikuti pembelajaran sesuai dengan instruksi dari guru.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Outdoor learning, sekolah, media pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 08:26 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 08:26 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64900 |
Actions (login required)
View Item |