Analisis kesulitan belajar operasi hitung pembagian pada siswa kelas III sekolah dasar Muhammadiyah Domban 3

Zaini, Khairil Fikri (2024) Analisis kesulitan belajar operasi hitung pembagian pada siswa kelas III sekolah dasar Muhammadiyah Domban 3. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005359_JUDUL__240627124115.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005359_BAB_I__240627124115.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005359_BAB_II__240627124115.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005359_BAB_III__240627124115.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005359_BAB_IV__240627124115.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005359_BAB_V__240627124115.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005359_DAFTAR_PUSTAKA__240627104151.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005359_LAMPIRAN__240627124115.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005359_NASKAH_PUBLIKASI__240627124115.pdf

Download (856kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi adanya permasalahan yang diliat Oleh
penulis di Sd Muhammadiyah Domban 3 Yaitu Kesulitan belajar
operasi hitung pembagian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
kesulitan dalam proses pembelajaran Matematika mengenai operasi
hitungan pembagian di kelas II SD Muhammadiyah Domban 3.
kesulitan belajar Matematika adalah suatu kondisi di mana siswa tidak
dapat belajar secara wajar dalam bidang akademik khususnya pada mata
pelajaran Matematika sehingga siswa tidak bisa belajar sebagaimana
mestinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah
siswa dan guru kelas III SD Muhammadiyah Domban 3. Teknik dan
instrumen pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan
mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kesulitan belajar yang dialami oleh siswa terdiri dari (1)
kesulitan memahami konsep pembagian, (2) kesulitan membedakan
simbol-simbol, (3) kesulitan dalam penggunaan prosedur, (4) salah
menurunkan angka, (5) salah mendapatkan hasil pembagian, dan (6)
kesalahan penulisan, selain itu faktor internal yang mempengaruhi
adalah (1) kurangnya pemahaman konsep, dan (2) perhatian siswa
rendah dalam pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal adalah (1)
faktor keluarga yang kurang perhatian dan sibuk kerja, dan (2)
lingkungan sekitar rumah dimana siswa lebih banyak bermain game
online dari pada belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kesulitan belajar, operasi hitung pembagian SD Muhammadiyah Domban 3
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:21
Last Modified: 28 Jun 2024 07:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64901

Actions (login required)

View Item View Item