Pengembangan kartu truth or dare pada layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan self-confident pada siswa di SMA Muhammadiyah 1 Sleman

Rahmawati, Alifinia Putri (2024) Pengembangan kartu truth or dare pada layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan self-confident pada siswa di SMA Muhammadiyah 1 Sleman. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900001120_JUDUL__240618115546.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900001120_BAB_I__240618115546.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900001120_BAB_II__240618115546.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900001120_BAB_III__240618115546.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900001120_BAB_IV__240618115547.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900001120_BAB_V__240618115547.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001120_DAFTAR_PUSTAKA__240618115547.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900001120_LAMPIRAN__240618115547.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses adaptasi dan pengembangan potensi, seorang individu perlu memiliki rasa percaya diri (Self confidence) terlebih dahulu, sehingga proses tersebut dapat berkembang dengan baik. Self Confident menggambarkan keyakinan pada kemampuan, kekuatan, dan penilaian diri sendiri. Kepercayaan diri merupakan kualitas yang sangat berharga bagi individu dalam kehidupan sosial. Tanpa kepercayaan diri, seseorang dapat menghadapi tantangan yang menghambat perkembangan pribadinya. Kepercayaan diri memberikan kemampuan kepada seseorang untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu truth or dare dalam menimbulkan rasa kepercayaan diri.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yaitu ADDIE digunakan sebagai pedoman dalam membuat rancangan yang efektif. Tahapan perancangan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ADDIE dimulai dengan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), pelaksanaan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Produk yang telah dihasilkan dinilai oleh ahli materi, ahli media dan ahli layanan untuk mengetahui kelayakan produk.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan yang dilakukan peneliti mendapatkan penilaian dari uji ahli media 77,78% yang termasuk kategori sangat baik/sangat layak. Penilaian uji ahli materi 75% yang termasuk kategori baik/ layak. Penilaian uji ahli layanan mendapatkan 86,1% yang termasuk sangat baik/sangat layak. Hasil dari penilaian dari para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media kartu truth or dare dalam layanan bimbingan kelompok tentang “Meningkatkan Self-Confident pada Siswa SMA Muhammadiyah 1 Sleman” dinyatakan layak. Hasil penelitian dapat digunakan oleh konselor atau guru bimbingan dan konseling untuk membantu siswa agar memiliki sikap memahami tentang kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Self confident, media kartu truth or dare, bimbingan kelompok, meningkatkan self confident pada siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 06 Jul 2024 01:11
Last Modified: 06 Jul 2024 01:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64915

Actions (login required)

View Item View Item