Analisis strategi guru dalam menangani kasus perundungan yang terjadi pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Negeri Balirejo Yogyakarta

Muchlish, Imam Jauhar (2024) Analisis strategi guru dalam menangani kasus perundungan yang terjadi pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Negeri Balirejo Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005056_JUDUL__240627104044.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005056_BAB_I__240627032713.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005056_BAB_II__240627032713.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005056_BAB_III__240627032713.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005056_BAB_IV__240627032713.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005056_BAB_V__240627032713.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005056_DAFTAR_PUSTAKA__240627032713.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005056_LAMPIRAN__240627032713.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005056_NASKAH_PUBLIKASI__240627032713.pdf

Download (721kB)

Abstract

Kasus perundungan yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri Balirejo
Yogyakarta merupakan suatu permasalahan yang serius dan harus segera mungkin
untuk diselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang di
terapkan di Sekolah Dasar Negeri Balirejo dalam mengatasi kasus perundungan
yang terjadi secara mendalam serta faktor pendukung dan penghambat apa yang di
temui di lapangan.
Jenis Penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Subjek penelitian ini adalah
guru yang menjalankan strategi penanganan perundungan seperti guru pendamping
khusus, guru kelas dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan
meliputi observasi,wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan
model Miles dan Huberman, Miles dan Hubermen (1984), data yang diperoleh
kemudian difokuskan, dirangkum untuk mempermudah analisis, setelah dirangkum
dan dianalisis data disajikan dalam bentuk teks naratif, bagan , dan table. setelah
disajikan dalam bentuk tersebut kemudian ditarik kesimpulan dari data yang
diperoleh secara keseluruhan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dilakukan
dengan triangulasi sumber.
Hasil penilitian menunjukan bahwa Sekolah Dasar Negeri Balirejo sudah
menjalankan berbagai macam strategi mulai dari internal sekolah sampai eksternal
sekolah, Sekolah Dasar Negeri Balirejo melibatkan pihak eksternal seperti dinas
Pemberdayaan Perempuan Perlindungan dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga
Berencana Pusat Pembelajaran Keluarga dan Bhabinkambtibmas dari kepolisian
guna melakukan sosialisasi terhadap siswa dan orang tua siswa yang dilakukan
setiap semesternya. Membuat aturan yang ketat dan pihak sekolah memberikan
pelatihan pada setiap guru dibidang kesiswaan seperti bimbingan konseling. Faktor
pendukung dan penghambat dalam menangani perundungan adalah siswa yang
kooperatif dalam menerima sanksi yang diberikan faktor yang menghambat adalah
kurangnya konsistensi dan kerja sama antara pihak sekolah dan orang tua serta
masih banyak siswa yang lepas pengawasan dari guru pada saat di luar kelas yang
menyebabkan perundungan itu bisa terjadi.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Strategi, perundungan, anak berkebutuhan khusus, inklusif, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:11
Last Modified: 02 Jul 2024 06:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64930

Actions (login required)

View Item View Item