Asas kemerdekaan dalam konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dan relevansinya terhadap pendidikan Islam

Mulyadi, Budi (2024) Asas kemerdekaan dalam konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031389_JUDUL__240625010004.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031389_BAB_I__240622101013.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031389_BAB_II__240622101013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031389_BAB_III__240622101013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031389_BAB_IV__240622101013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031389_BAB_V__240622101013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031389_DAFTAR_PUSTAKA__240622101013.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031389_LAMPIRAN__240622101013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi terkait substansi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa pendidikan merupakan usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana proses pembelajaran yang aktif, komunikatif dan kreatif. Upaya tersebut berkaitan dengan gagasan dan konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara, khususnya mengenai pendidikan yang didasarkan pada asas kemerdekaan. Pendidikan yang dimaksud memberikan ruang ekspresi dan kebebasan tujuannya untuk membentuk siswa merdeka secara lahir bathin, memiliki daya pikir kritis, berbudi pekerti yang luhur, sehat jasmani dan rohani, guna menjadi anggota masyarakat yang berguna serta bertanggung jawab atas kesejahteraan diri sendiri dan masyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: teknik analisis data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Melalui hasil penelitian ini dapat disimpulkan: Pertama, pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara dimaksudkan untuk menuntun segala fitrah dan kodrat manusia agar menjadi manusia seutuhnya serta dapat mencapai keselamatan dan kebahagian yang hakiki. Kedua, konsep pendidikan kemerdekaan memiliki makna untuk memberikan kebebasan, kelapangan hati, pikiran, dan tindakan. Konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara memiliki relevansi dengan pendidikan Islam yakni tentang kebebasan dan kemerdekaan manusia bahwasannya setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan yang setara.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Asas, Islam, kemerdekaan, Ki Hajar Dewantara, pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:26
Last Modified: 03 Jul 2024 07:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64934

Actions (login required)

View Item View Item