Mulyadi, Budi (2024) Asas kemerdekaan dalam konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031389_JUDUL__240625010004.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031389_BAB_I__240622101013.pdf Download (432kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031389_BAB_II__240622101013.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031389_BAB_III__240622101013.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031389_BAB_IV__240622101013.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031389_BAB_V__240622101013.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031389_DAFTAR_PUSTAKA__240622101013.pdf Download (201kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031389_LAMPIRAN__240622101013.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi terkait substansi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa pendidikan merupakan usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana proses pembelajaran yang aktif, komunikatif dan kreatif. Upaya tersebut berkaitan dengan gagasan dan konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara, khususnya mengenai pendidikan yang didasarkan pada asas kemerdekaan. Pendidikan yang dimaksud memberikan ruang ekspresi dan kebebasan tujuannya untuk membentuk siswa merdeka secara lahir bathin, memiliki daya pikir kritis, berbudi pekerti yang luhur, sehat jasmani dan rohani, guna menjadi anggota masyarakat yang berguna serta bertanggung jawab atas kesejahteraan diri sendiri dan masyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: teknik analisis data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Melalui hasil penelitian ini dapat disimpulkan: Pertama, pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara dimaksudkan untuk menuntun segala fitrah dan kodrat manusia agar menjadi manusia seutuhnya serta dapat mencapai keselamatan dan kebahagian yang hakiki. Kedua, konsep pendidikan kemerdekaan memiliki makna untuk memberikan kebebasan, kelapangan hati, pikiran, dan tindakan. Konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara memiliki relevansi dengan pendidikan Islam yakni tentang kebebasan dan kemerdekaan manusia bahwasannya setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan yang setara.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Asas, Islam, kemerdekaan, Ki Hajar Dewantara, pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 07:26 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 07:26 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64934 |
Actions (login required)
View Item |