Sulistiani, Lesta (2024) Penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di Sd Muhammadiyah Karangwaru. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005062_JUDUL__240625093135.pdf Download (640kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005062_BAB_I__240625093135.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005062_BAB_II__240625093135.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005062_BAB_III__240625093135.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005062_BAB_IV__240625093135.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005062_BAB_V__240625093135.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005062_DAFTAR_PUSTAKA__240625093135.pdf Download (208kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005062_LAMPIRAN__240625093135.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005062_NASKAH_PUBLIKASI__240625093135.pdf Download (527kB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kreativitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS yang masih rendah. Siswa kurang aktif dan fokus selama mengikuti proses pembelajaran dikelas. Hal ini ditunjukkan pada sikap siswa yang tidak antusias dalam belaja. Selain itu, guru masih sering menggunakan metode ceramah dan hanya mengandalkan buku sebagai media utama ketika mengajar. Maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS melalui penerapan model project based learning (PjBL) pada siswa kelas V.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VB SD Muhammadiyah Karangwaru yang berjumlah 27 siswa. Terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Objek penelitian adalah kreativitas dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif serta disajikan dalam bentuk tabel dan grafik..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V. Pada siklus I persentase kreativitas siswa sebesar 66% berada pada kriteria ”cukup kreatif” dan meningkat pada siklus II dengan persentase sebesar 76% dengan kriteria ”kreatif”. Sedangkan, hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 69,63%. Setelah dilaksanakan tindakan, pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 75,74% dan pada siklus II sebesar 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menerapkan model project based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Muhammadiyah Karangwaru.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Project based learning, kreativitas, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 07:44 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 07:44 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64948 |
Actions (login required)
View Item |