Penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di Sd Muhammadiyah Karangwaru

Sulistiani, Lesta (2024) Penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di Sd Muhammadiyah Karangwaru. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005062_JUDUL__240625093135.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005062_BAB_I__240625093135.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005062_BAB_II__240625093135.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005062_BAB_III__240625093135.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005062_BAB_IV__240625093135.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005062_BAB_V__240625093135.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005062_DAFTAR_PUSTAKA__240625093135.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005062_LAMPIRAN__240625093135.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005062_NASKAH_PUBLIKASI__240625093135.pdf

Download (527kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kreativitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS yang masih rendah. Siswa kurang aktif dan fokus selama mengikuti proses pembelajaran dikelas. Hal ini ditunjukkan pada sikap siswa yang tidak antusias dalam belaja. Selain itu, guru masih sering menggunakan metode ceramah dan hanya mengandalkan buku sebagai media utama ketika mengajar. Maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS melalui penerapan model project based learning (PjBL) pada siswa kelas V.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VB SD Muhammadiyah Karangwaru yang berjumlah 27 siswa. Terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Objek penelitian adalah kreativitas dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif serta disajikan dalam bentuk tabel dan grafik..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V. Pada siklus I persentase kreativitas siswa sebesar 66% berada pada kriteria ”cukup kreatif” dan meningkat pada siklus II dengan persentase sebesar 76% dengan kriteria ”kreatif”. Sedangkan, hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 69,63%. Setelah dilaksanakan tindakan, pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 75,74% dan pada siklus II sebesar 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menerapkan model project based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Muhammadiyah Karangwaru.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Project based learning, kreativitas, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:44
Last Modified: 01 Jul 2024 07:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64948

Actions (login required)

View Item View Item