Setyaningsih, Aldina (2024) Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Biologi kelas XI berbasis keterampilan abad 21 di SMA Kecamatan Prambanan Sleman. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800008090_JUDUL__240628112742.pdf Download (988kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800008090_BAB_I__240628112742.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800008090_BAB_II__240628112742.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800008090_BAB_III__240628112742.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800008090_BAB_IV__240628112742.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800008090_BAB_V__240628112742.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800008090_DAFTAR_PUSTAKA__240628112742.pdf Download (181kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800008090_LAMPIRAN__240628112742.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Era globalisasi dibutuhkan keterampilan abad 21 untuk mampu berkompetisi dalam menunjang kepentingan pendidikan era saat ini. Keterampilan yang harus dikuasai pada abad 21 adalah berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas (4C). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesesuaian komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru Biologi kelas XI di SMA Kecamatan Prambanan Sleman dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016, mengetahui ketercakupan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru Biologi kelas XI di SMA Kecamatan Prambanan Sleman dengan keterampilan abad 21, dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala guru Biologi kelas XI di SMA Kecamatan Prambanan Sleman dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis keterampilan abad 21.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah SMA di Kecamatan Prambanan Sleman, sedangkan sampel penelitian ini adalah Kelas XI di SMA Negeri 1 Prambanan dan SMA Muhammadiyah 1 Prambanan. Teknik pengumpulan data yaitu studi dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah kesesuaian komponen RPP yang disusun oleh guru Biologi kelas XI di SMA Kecamatan Prambanan Sleman yang telah memenuhi komponen Permendikbud No. 22 Tahun 2016 mendapatkan nilai sebesar 89,4% menunjukkan kategori sangat baik, ketercakupan RPP yang disusun oleh guru Biologi kelas XI di SMA Kecamatan Prambanan Sleman dengan keterampilan abad 21 sudah mencakup keterampilan abad 21 yaitu keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, dan keterampilan kreativitas, namun masih terdapat beberapa RPP yang tidak mencakup keterampilan secara lengkap, dan terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang menjadi kendala guru Biologi kelas XI di SMA Kecamatan Prambanan Sleman dalam menyusun RPP berbasis keterampilan abad 21.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Analisis RPP, keterampilan abad 21, pembelajaran Biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 03:49 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 03:49 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65030 |
Actions (login required)
View Item |