Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis realistics mathematic education terintegrasi kemampuan berpikir kritis

Mawarni, Risma Tri (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis realistics mathematic education terintegrasi kemampuan berpikir kritis. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2107050015_JUDUL__240628075436.pdf

Download (790kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2107050015_BAB_I__240627010310.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2107050015_BAB_II__240627010310.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2107050015_BAB_III__240627010310.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2107050015_BAB_IV__240627010311.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2107050015_BAB_V__240627010311.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2107050015_DAFTAR_PUSTAKA__240627010311.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2107050015_LAMPIRAN__240627010311.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Sistem persamaan linear tiga variabel merupakan salah satu materi yang memberikan berbagai permasalahan kontekstual pada peserta didik. Memahami dan menyelesaikan permasalahan acapkali memberikan kesulitan tersendiri bagi peserta didik. Hal ini disebabkan oleh kemampuan berpikir kritis peserta didik yanng masih tergolong rendah untuk dapat menyelesaikan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang terintegrasi dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi SPLTV. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretest dan posttest, instrumen validasi, instrumen angket respon peserta didik, serta pedoman observasi. Berdasarkan uji validitas, produk LKPD berbasis realistic mathematics education termasuk kategori sangat baik dari segi materi dengan skor rata-rata 4,67 dan sangat baik dari segi media dengan skor rata-rata 4,44 yang menandakan LKPD berbasis realistic mathematics education sangat valid. Sedangkan berdasarkan angket respon peserta didik, LKPD berbasis realistic mathematics education termasuk ke dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,9. Kemudian berdasarkan hasil perbandingan rata-rata pretest (38,33) dan postest (76,92), yang artinya nilai pretest<posttest maka dapat disimpulkan LKPD SPLTV berbasis realistic mathematics education efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: Sistem persamaan linear tiga variabel, berpikir kritis, lembar kerja peserta didik, realistic mathematics education
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > FKIP Doc
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:29
Last Modified: 03 Jul 2024 02:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65064

Actions (login required)

View Item View Item