Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SD Muhammadiyah Gendeng Yogyakarta

Hartanti, Roessalia Indah (2023) Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SD Muhammadiyah Gendeng Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1600005068_JUDUL__230730103216.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1600005068_BAB_I__230730103216.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1600005068_BAB_II__230730103216.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1600005068_BAB_III__230730103216.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1600005068_BAB_IV__230730103216.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1600005068_BAB_V__230730103216.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005068_DAFTAR_PUSTAKA__230730103216.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1600005068_LAMPIRAN__230730103216.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005068_NASKAH_PUBLIKASI__230730103216.pdf

Download (315kB)

Abstract

Kurangnya kesadaran terhadap baik dan buruknya sesuatu, kurangnya rasa
tanggung jawab terhadap banyak hal yang muncul dari peserta didik, serta
penguasaan emosi di dalam diri peserta didik dan sikap karakter malas sebagian
kecil siswa, menunjukkan perlu adanya upaya untuk menbangun bangsa dan
karakter. Diperlukannya Profil Pelajar Pancasila sebagai perwujudan pelajar
Indonesia yang berperilaku sesuai dengan nilai nilai Pancasila, dengan enam ciri
utama : beriman, bertakwa,kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia,
berkebhinnekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
Pengembangan warga negara yang demokratis melalui pendidikan dan
kewarganegaraan yang bertanggung jawab akan menciptakan masyarakat yang
memiliki moral yang tinggi, etika, budaya, dan beradab berdasarkan falsafah
Pancasila.
Penelitian ini menggunakan penelian kualitatif deskriptif yang analisis
datanya berupa kata-kata tertulis dan lisan yang mempertimbangkan pendapat
orang lain yang disebut narasumber. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan
data observasi, waancara dan dokumentasi dalam penelitian ini dan untuk
keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi.
Terealisasinya Profil Pelajar Pancasila dapat menghasilkan pelajar-pelajar
Indonesia yang berakhlak mulia, memiliki kualitas yang dapat bersaing secara
nasional maupun global, mampu bekerjasama dengan siapapun dan dimanapun,
mandiri dalam melaksanakan tugasnya, memiliki nalar yang kritis, serta
mempunyai ide-ide kreatif untuk dikembangkan. Faktor penghambat dalam
pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila menyebabkan kurangnya suatu pemahaman
yang disampaikan oleh pendidik, terbatasnya waktu kegiatan belajar mengajar,
substansi pelajaran yang minim, terbatasnya Ilmu Teknologi yang dilakukan oleh
pendidik, minat pelajar yang sangat kurang terhadap mata pelajaran, peserta didik
masih pasif dalam proses pembelajaran, keterbatasan guru dalam mendesain RPP
yang baik, strategi pembelajaran yang kurang variasi dari pedidik, orang tua kurang
memperhatikan pola pembelajaran anak dan kurangnya guru serta adanya spekulasi
terhadap pemberian materi pembelajaran. Pemecahan alternatif terhadap hambatan
yang dialami dalam pembuatan Pelajar Pancasila yaitu mengikutsertakan guru
mapel penggerak, dilaksanakan program pembiasaan, keteladanan, tutorial serta
pendampingan, dicoba program kerjasama serta koordinasi dengan sekolah lain,
tidak sangat mengosongkan waktu buat pergaulan kenakalan anak muda, lebih
mendisiplinkan aktivitas yang efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Implementasi, profil pelajar pancasila, pancasila, penenlitian
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:58
Last Modified: 08 Jul 2024 02:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65127

Actions (login required)

View Item View Item