Afriyanto, Indra (2023) Pengembangan media pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality pada materi suhu dan kalor untuk SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1600007017_JUDUL__230803030449.pdf Download (702kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1600007017_BAB_I__230803030449.pdf Download (35kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1600007017_BAB_II__230803030449.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1600007017_BAB_III__230803030449.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1600007017_BAB_IV__230803030449.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1600007017_BAB_V__230803030449.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600007017_DAFTAR_PUSTAKA__230803030449.pdf Download (165kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1600007017_LAMPIRAN__230803030449.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi AuRTaH. Aplikasi yang berbasis smartphone Android dengan teknologi Augmented Reality ini merupakan sarana media pembelajaran fisika untuk mempelajari materi suhu dan kalor. Penelitian ini didasarkan pada kebutuhan peserta didik dalam memvisualisasikan konsep fisika yang abstrak.Penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada prosedur Waterfall Process
Model, yang terdiri dari (1) Analisis, (2) Desain, (3) Implementasi, (4) Uji, (5) pemeliharaaan. Uji kelayakan aplikasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan peserta didik kelas VII di MTsS Makarti Utama sebagai pengguna. Pengujian oleh ahli media dilakukan sesuai standar ISO 25010 sedangkan pengguna menggunakan standar USE Questionnare. Proses analisis data dilakukan menggunakan angket berupa analisis data kualitatif berisi komentar, saran dari ahli media dan ahli materi sedangkan analisis data kuantitatif berisi kriteria penilaian produk.
Hasil analisis menunjukkan bahwa aplikasi yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi
ahli materi sebesar 3,85 dalam skala 4 dengan kategori sangat baik, ahli media 3,37 dalam skala 4 dengan kategori sangat baik, dan pengujian Usability sebesar 3,41 dalam
skala 4 dengan kategori sangat baik. Aplikasi ini diharapkan bisa diimplementasikan ke lapangan dan bisa membantu peserta didik untuk lebih memahani materi kalor.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Aurtah, augmented reality, android, suhu, kalor |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 08:36 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 08:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65153 |
Actions (login required)
View Item |