Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis microsoft sway untuk mendukung proses literasi digital bahasa Indonesia materi teks narasi kelas IV SD Negeri Dukuh

Priyandani, Ari (2023) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis microsoft sway untuk mendukung proses literasi digital bahasa Indonesia materi teks narasi kelas IV SD Negeri Dukuh. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005325_JUDUL__231214124830.pdf

Download (962kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005325_BAB_I__231214124830.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005325_BAB_II__231214124830.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005325_BAB_III__231214124830.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005325_BAB_IV__231214124830.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005325_BAB_V__231214124830.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005325_DAFTAR_PUSTAKA__231214124830.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005325_LAMPIRAN__231214124830.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005325_NASKAH_PUBLIKASI__231214124830.pdf

Download (535kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan perangkat pendukung pada saat proses literasi digital dan pembelajaran untuk menunjang kurikulum merdeka. Melalui media pembelajaran diharapkan dapat memberikan motivasi kepada peserta didik dalam menumbuhkan minat pada proses literasi digital dan pembelajaran pada materi sastra berupa teks narasi dalam muatan mata pelajaran bahasa Indonesia. Multimedia pembelajaran menjadi solusi dalam memilih media pembelajaran yang tepat untuk menyajikan materi bahasa Indonesia bagi peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran berbasis microsoft sway; 2) untuk mengetahui kualitas dan kelayakan produk multimedia pembelajaran berbasis microsoft sway menurut para ahli; 3) dan untuk mengetahui hasil penilaian dari implementasi terhadap respon guru serta peserta didik.
Penelitian Research and Development (R&D) ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yaitu ADDIE dengan 5 tahapan yaitu 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. Namun, mengingat adanya keterbatasan waktu dan sumber daya, maka penelitian ini hanya diujicobakan pada satu sekolah yakni di SD Negeri Dukuh dengan subjek 26 penelitian, Observasi, wawancara, dan angket digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengembangan kualitas dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran. Kelayakan multimedia pembelajaran diperoleh dari hasil uji coba untuk mengetahui respon dari guru dan peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data produk multimedia pembelajaran berbasis microsoft sway untuk proses literasi digital pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks narasi kelas IV SD Negeri Dukuh memperoleh hasil skor rata-rata dari penilaian kualitas oleh para ahli validator yaitu 85,28, kemudian untuk penerapan dari hasil penilaian respon guru yaitu 96,67, sedangkan untuk hasil penilaian respon peserta didik memperoleh nilai 94,23 dengan kualitas sangat baik dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Multimedia pembelajaran berbasis microsoft sway, literasi digital, teks narasi, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:16
Last Modified: 08 Jul 2024 06:16
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65160

Actions (login required)

View Item View Item