Naufal, Hanis Zamzami (2023) Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika materi perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV di SD Negeri 02 Kupu Brebes. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700005341_JUDUL__231214013821.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700005341_BAB_I__231208022825.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700005341_BAB_II__231208022825.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700005341_BAB_III__231208022825.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700005341_BAB_IV__231208022825.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700005341_BAB_V__231208022825.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700005341_DAFTAR_PUSTAKA__231208022825.pdf Download (198kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700005341_LAMPIRAN__231208022825.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1700005341_NASKAH_PUBLIKASI__231208022825.pdf Download (388kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran operasi hitung perkalian dan pembagian di kelas IV dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa mengeluh saat guru mengajak siswa belajar matematika. Siswa tampak kurang bahkan tidak antusias, bermalas-malasan, bahkan ada yang berbicara dengan temannya dan tidak memperhatikan penjelasan dari guru. Hasil belajar di kelas IV SD Negeri 02 Kupu Brebes masih tergolong rendah atau belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan dalam pembelajaran operasi hitung perkalian dan pembagian serta faktor penghambatnya pembelajaran operasi hitung perkalian dan pembagian yang dialami siswa kelas IV SD Negeri 02 Kupu Brebes.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah guru kelas dan empat siswa kelas IV dengan alasan pengakuan guru pada saat pra wawancara dan guru lebih terlibat pada saat kegiatan belajar mengajar serta diskusi. Benda itu yang diambil adalah jenis-jenis kesulitan dalam mempelajari operasi hitung perkalian dan pembagian, serta faktor-faktor yang menghambat pembelajaran operasi aritmatika, perkalian dan distribusi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan adalah jenis-jenis kesulitan dalam pembelajaran operasi hitung perkalian dan pembagian yang dialami siswa merupakan suatu kesulitan dalam membedakan simbol, kesulitan dalam menyelesaikan masalah operasi hitung perkalian dan pembagian, kelemahan dalam memahami konsep bilangan, kesulitan membedakan hubungan antara konsep operasi hitung perkalian dan bilangan pembagian, serta faktor kesulitan belajar operasi hitung perkalian dan pembagian yang dialami siswa yaitu kondisi fisik siswa, kondisi spiritual yang ada dalam diri siswa, sikap orang tua terhadap siswa, lingkungan rumah atau keluarga siswa, sikap guru di sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kesulitan belajar, perkalian, pembagian, SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 01:33 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 01:33 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65206 |
Actions (login required)
View Item |