Hasanah, Desna Uswatun (2023) Analisis pemahaman konsep matematika anak gangguan pendengaran pada materi bangun ruang di SLB Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800005178_JUDUL__230118094935.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800005178_BAB_I__230118094935.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800005178_BAB_II__230118094935.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800005178_BAB_III__230118094935.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800005178_BAB_IV__230118094935.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800005178_BAB_V__230118094935.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005178_DAFTAR_PUSTAKA__230118094935.pdf Download (442kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800005178_LAMPIRAN__230118094935.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005178_NASKAH_PUBLIKASI__230118094935.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matermatika pada anak gangguan pendengaran di SLB Yogyakarta. Sebesar 50% di SLB Pamardi Putra dan 50% di SLB Negeri 2 Bantul dalam memahami kemampuan pemahaman konsep matematika. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika anak gangguan pendengaran pada materi bangun ruang dan faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep matematika bagi anak gangguan pendengaran pada materi bangun ruang di SLB Pamardi Putra dan SLB Negeri 2 Bantul. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SLB Pamardi Putra dan SLB Negeri 2 Bantul dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru kelas dan peserta didik gangguan pendengaran di kelas V SD. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai pemahaman konsep matematika anak gangguan pendengaran pada materi bangun ruang. Teknik analisis data pada penelitian terdiri atas tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Indikator pemahaman konsep matematika yang terdiri atas menyatakan ulang sebuah konsep, mengaplikasikan objek kedalam sifat, memberikan contoh dan bukan contoh, dan mengaplikasikan konsep algoritma pemecahan soal. Selanjutkan bagi anak gangguan pendengaran masih belum bisa mengerjakan dan mengaplikasikan konsep algoritma dalam pemecahan soal yang diberikan.; 2) Faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep bagi anak gangguan pendengaran yaitu diri sendiri, orang tua, teman, guru, media pembelajaan, kondisi kelas, kendala dan upaya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pemahaman konsep matematika, anak gangguan pendengaran, bangun ruang, sekolah luar biasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 04:11 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 04:11 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75556 |
Actions (login required)
View Item |