Pengembangan modul mitigasi bencana berbasis Indigenous Knowledge untuk meningkatkan literasi bencana bagi siswa kelas V sekolah dasar

Fitriani, Khomzil (2024) Pengembangan modul mitigasi bencana berbasis Indigenous Knowledge untuk meningkatkan literasi bencana bagi siswa kelas V sekolah dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005037_JUDUL__240621112150.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005037_BAB_I__240621112150.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005037_BAB_II__240621112150.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005037_BAB_III__240621112150.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005037_BAB_IV__240621112150.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005037_BAB_V__240621112150.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005037_DAFTAR_PUSTAKA__240621112150.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005037_LAMPIRAN__240621112150.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Bencana alam merupakan ancaman serius bagi kehidupan manusia. Namun, pemahaman siswa terkait dengan mitigasi bencana masih rendah, salah satunya karena kurangnya bahan ajar tambahan untuk mengajarkan materi tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu adanya pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan lingkungan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan, menganalisis kelayakan dan menganalisis efektivitas modul mitigasi bencana berbasis indigenous knowledge untuk meningkatkan literasi bencana bagi siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, angket, serta tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Pengembangan modul mitigasi bencana menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) Kelayakan modul dilihat dari hasil validasi ahli, penilaian guru, dan respon siswa. Validasi ahli media memperoleh nilai 88 dengan kategori sangat baik, ahli materi memperoleh nilai 78 dengan kategori baik, ahli materi memperoleh nilai 78 dengan kategori baik, ahli pembelajaran memperoleh nilai 78 dengan kategori baik, dan ahli bahasa memperoleh nilai 84 dengan kategori baik. Penilaian guru memperoleh nilai 92,5 dengan kategori sangat baik, dan respon siswa memperoleh nilai 85 dengan kategori sangat baik. (3) Efektivitas modul dilihat dari hasil uji paired sampel t-test memperoleh nilai signifikansi 0.000 < 0.05, sehingga dapat di simpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul mitigasi bencana berbasis indigenous knowledge ini merupakan sumber belajar yang layak serta efektif dalam meningkatkan literasi bencana siswa kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Indigenous knowledge, literasi bencana, modul mitigasi bencana
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:42
Last Modified: 30 Sep 2024 02:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75571

Actions (login required)

View Item View Item