Ardianto, Dika (2024) Penguatan literasi bahasa peserta didik kelas 5 di SD Muhammadiyah Kauman Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800005253_JUDUL__240711093536.pdf Download (834kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800005253_BAB_I__240711093536.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800005253_BAB_II__240711093536.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800005253_BAB_III__240711093537.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800005253_BAB_IV__240711093537.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800005253_BAB_V__240711093537.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005253_DAFTAR_PUSTAKA__240711093537.pdf Download (231kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800005253_LAMPIRAN__240711093537.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penguatan Literasi peserta didik sangat penting untuk dikembangkan guna dalam memahami literasi bahasa menjadi dasar peserta didik dalam memiliki kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah. Literasi bahasa juga menjadi indikator keberhasilan seorang terutama bagi peserta didik. Penguasaan literasi bahasa sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, terutama dapat menunjang prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bagaimana upaya dalam penguatan literasi bahasa peserta didik dan faktor pendukung dan faktor penghambat penguatan literasi bahasa peserta didik kelas 5 di SD Muhammadiyah Kauman Yogyakarta.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa. Dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data dan sumber. Analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah Kauman Yogyakarta dalam Upaya penguatan literasi peserta didik di SD Muhammadiyah Kauman Yogyakarta sudah terlaksana cukup baik, hal ini tidak lepas dari kerjasama antar warga sekolah dalam melakukan pembiasaan, seperti membiasakan peserta didik untuk membaca selama 5 menit sebelum memulai pembelajaran, hafalan surah juz 30, terdapat beberapa poster di dinding kelas untuk meningkatkan minat baca peserta didik, sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor Pendukung dan faktor penghambat dalam penguatan literasi bahasa peserta didik yaitu tergantung action maupun dukungan dari beberapa komponen yakni, peserta didik, lingkungan belajar dan bermain peserta didik, orang tua, semua warga sekolah seperti kepala sekolah, guru beserta staf, sarana dan prasarana sekolah, serta program gerakan literasi sekolah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Literasi bahasa, minat baca, peserta didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 02:29 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:40 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75572 |
Actions (login required)
View Item |