Putri, Inas Amalia (2024) Analisis kemampuan pemecahan masalah pada materi teorema Pythagoras ditinjau dari gaya kognitif. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006049_JUDUL__240626124125.pdf Download (818kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006049_BAB_I__240626124125.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006049_BAB_II__240626124125.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000006049_BAB_III__240626124125.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006049_BAB_IV__240626124125.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000006049_BAB_V__240626124125.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006049_DAFTAR_PUSTAKA__240626124125.pdf Download (160kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006049_LAMPIRAN__240626124125.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah bertujuan agar peserta didik memiliki indikator kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang didapatkan. Kemampuan pemecahan masalah karena setiap peserta didik memiliki faktor-faktor kognitif yang berbeda, oleh karena itu gaya kognitif peserta didik salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada materi teorema Pythagoras peserta didik kelas VIII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta dan ditinjau dari gaya kognitif.
Penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (qualitative research).Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai Teknik dan instrumen, seperti tes GEFT, tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara, dan teknik analisis. Penelitian ini melibatkan 31 peserta didik kelas VIII G dengan 6 subjek utama yang terdiri dari 3 peserta didik dengan gaya kognitif yang sama.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 31 peserta didik gaya kognitif field dependent mendominasi dengan jumlah peserta didik 25 dan gaya kognitif field independent hanya dimiliki oleh 6 peserta didik untuk kemampuan pemecahan masalah peserta didik gaya kognitif field independent dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah (memahami masalah, menyusun rencana, melakukan rencana dan memeriksa kembali). Untuk peserta didik gaya kognitif field dependent dapat memenuhi dua tahap dari empat indikator kemampuan pemecahan masalah (memahami masalah dan menyusun rencana).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kemampuan pemecahan masalah, teorema pythagoras, gaya kognitif, field dependent, field independen |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Sep 2024 07:39 |
Last Modified: | 28 Sep 2024 07:39 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75590 |
Actions (login required)
View Item |