Keefektifan konseling kelompok teknik Dispute Cognitive untuk mereduksi insecure pada siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta

Nila Sari, Yesi (2024) Keefektifan konseling kelompok teknik Dispute Cognitive untuk mereduksi insecure pada siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2015001120_JUDUL__240731100121.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2015001120_BAB_I__240731100122.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2015001120_BAB_II__240731100122.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2015001120_BAB_III__240731100122.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2015001120_BAB_IV__240731100122.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2015001120_BAB_V__240731100122.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2015001120_DAFTAR_PUSTAKA__240731100122.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2015001120_LAMPIRAN__240731100122.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan menjadi hal urgen bagi pemuda terutama remaja dalam memajukan bangsa di era globalisasi saat ini. Pada masa remaja seharusnya mencoba untuk mengembangkan kepercayaan diri, pemahaman diri, dan interaksi sosialnya dalam pencarian jati dirinya. Bentuk permasalahan dalam pergaulan yang kerap kali ada pada diri remaja salah satunya yaitu memaksakan diri mengikuti pola hidup dari temannya, sehingga menyebabkan remaja menjadi sering tidak percaya pada dirinya sendiri secara utuh (insecure). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil wawancara salah satu guru BK di SMP Negeri 15 Yogyakarta yang menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang mengalami insecure terkait dengan pelajaran dan kondisi fisik, sehingga menyebabkan siswa menghindar berinteraksi dan hasil belajar menurun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok teknik dispute cognitive untuk mereduksi insecure pada siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini diambil menggunakan purposive sampling dengan jumlah subjek 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta yang memiliki tingkat insecure tertinggi. Pengambilan data menggunakan skala psikologis insecure dengan bentuk skala likert. Hasil uji validitas dari instrumen tersebut yaitu dari 74 item terdapat 12 item gugur atau tidak valid, sehingga item yang valid sebanyak 62. Adapun hasil uji reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,943 yang artinya instrumen tersebut reliabel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan paired sample t-test karena data berdistribusi normal.
Hasil rata-rata skor pretest dan skor posttest subjek penelitian menunjukkan adanya menurun skor rata-rata. Berdasarkan hasil uji hipotesis paired sample t-test dapat ditarik kesimpulan bahwa konseling kelompok teknik dispute cognitive efektif untuk mereduksi insecurity pada siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Konseling kelompok, dispute cognitive, insecure
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:20
Last Modified: 02 Oct 2024 03:20
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75709

Actions (login required)

View Item View Item