Nila Sari, Yesi (2024) Keefektifan konseling kelompok teknik Dispute Cognitive untuk mereduksi insecure pada siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2015001120_JUDUL__240731100121.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2015001120_BAB_I__240731100122.pdf Download (82kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2015001120_BAB_II__240731100122.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2015001120_BAB_III__240731100122.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2015001120_BAB_IV__240731100122.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2015001120_BAB_V__240731100122.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2015001120_DAFTAR_PUSTAKA__240731100122.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2015001120_LAMPIRAN__240731100122.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan menjadi hal urgen bagi pemuda terutama remaja dalam memajukan bangsa di era globalisasi saat ini. Pada masa remaja seharusnya mencoba untuk mengembangkan kepercayaan diri, pemahaman diri, dan interaksi sosialnya dalam pencarian jati dirinya. Bentuk permasalahan dalam pergaulan yang kerap kali ada pada diri remaja salah satunya yaitu memaksakan diri mengikuti pola hidup dari temannya, sehingga menyebabkan remaja menjadi sering tidak percaya pada dirinya sendiri secara utuh (insecure). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil wawancara salah satu guru BK di SMP Negeri 15 Yogyakarta yang menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang mengalami insecure terkait dengan pelajaran dan kondisi fisik, sehingga menyebabkan siswa menghindar berinteraksi dan hasil belajar menurun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok teknik dispute cognitive untuk mereduksi insecure pada siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini diambil menggunakan purposive sampling dengan jumlah subjek 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta yang memiliki tingkat insecure tertinggi. Pengambilan data menggunakan skala psikologis insecure dengan bentuk skala likert. Hasil uji validitas dari instrumen tersebut yaitu dari 74 item terdapat 12 item gugur atau tidak valid, sehingga item yang valid sebanyak 62. Adapun hasil uji reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,943 yang artinya instrumen tersebut reliabel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan paired sample t-test karena data berdistribusi normal.
Hasil rata-rata skor pretest dan skor posttest subjek penelitian menunjukkan adanya menurun skor rata-rata. Berdasarkan hasil uji hipotesis paired sample t-test dapat ditarik kesimpulan bahwa konseling kelompok teknik dispute cognitive efektif untuk mereduksi insecurity pada siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Konseling kelompok, dispute cognitive, insecure |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 03:20 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:20 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75709 |
Actions (login required)
View Item |