Pratista Amarta, Andrian (2024) Sistem informasi pemesanan minuman herbal tradisional berbasis web studi kasus UMKM Yoga Djaya. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900016099_JUDUL__240813120019.pdf Download (640kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900016099_BAB_I__240813120019.pdf Download (88kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900016099_BAB_II__240813120019.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900016099_BAB_III__240813120019.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900016099_BAB_IV__240813120019.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900016099_BAB_V__240813120020.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900016099_DAFTAR_PUSTAKA__240813120020.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900016099_LAMPIRAN__240813120020.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Yoga Djaya merupakan perusahaan minuman rempah tradisional yang dikemas dan dikembangan dengan cara modern. Hal tersebut membuat bisnis Herbal pada Yoga Djaya terus mengalami perkembangan hingga saat ini sudah tercatat eksport minuman Herbal hingga 5 negara yaitu Belgia, Australia, Swedia, Swis, dan Belanda. Namun terdapat masalah pada Yoga Djaya yang mempengaruhi presentase penjualan lokal. Ditutupnya beberapa akses permanen menuju toko pada tahun 2023 dikarenakan pembangunan pada area Kraton menjadi faktor utama permasalahan pada Yoga Djaya. Akses menuju toko yang terbatas serta pemesanan online yang masih melalui aplikasi perpesanan lintas platform, menyebabkan proses bisnis yang ada menjadi kurang efisien. Untuk menanggulangi hal tersebut, Yoga Djaya sudah bekerja sama dengan beberapa jasa pengiriman seperti POS dan Wahana, namun belum cukup untuk menunjang keefisiensian penjualan pada Yoga Djaya. Perlu adanya sebuah sistem online yang dapat menunjang fasilitas serta penjualan pada Yoga Djaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada pada Yoga Djaya dengan merancang dan mengimplementasikan sistem informasi pemesanan minuman herbal tradisional berbasis web pada Yoga Djaya. Sistem ini dirancang untuk membuat penjualan minuman herbal menjadi lebih efisien dan memberikan kemudahan akses bagi pelanggan dalam melakukan pemesanan produk herbal. Pendekatan pembangunan sistem pada penelitian ini menggunakan metode Waterfall, yang memiliki tahapan analisa, perancangan, pembangunan, dan pengujian sistem.
Sistem yang dibangun memiliki beberapa fitur utama, antara lain manajemen produk, pengelolaan keranjang belanja, proses checkout, serta pelacakan status pemesanan. Pengujian fungsionalitas dilakukan dengan cara BlackBox testing dengan menguji apakah website sudah dapat berjalan dengan baik. Pengujian website dilakukan oleh 3 staf Yoga Djaya dan memiliki hasil menunjukkan bahwa website berjalan dengan baik dan dinilai dapat lebih efisien jika digunakan dalam sistem penjualan Yoga Djaya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Waterfall, sistem informasi, UML, pemesanan online, PHP, herba |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:16 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:16 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75714 |
Actions (login required)
View Item |