Implementasi metode pembelajaran Outing Class untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik

Sekartanjung, Harnum (2024) Implementasi metode pembelajaran Outing Class untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005233_JUDUL__240812023342.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005233_BAB_I__240812120038.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005233_BAB_II__240812120038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005233_BAB_III__240812120038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005233_BAB_IV__240812120038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005233_BAB_V__240812120039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005233_DAFTAR_PUSTAKA__240812120039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005233_LAMPIRAN__240812120039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005233_NASKAH_PUBLIKASI__240812120039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajarann Outing Class dilakukan berdasarkan hasil observasi kegiatan peserta didik pada saat proses pembelajaran. Pada saat dikelas, peserta didik menunjukkan rasa bosan dikarenakan pembelajaran yang monoton, sehingga menyebabkan suasana kelas menjadi tidak efektif. Variasi metode pembelajaran perlu dilakukan sebagai cara dalam mengatasi rasa bosan peserta didik. Metode pembelajaran yang tepat, dapat memberikan semangat peserta didik sehingga menumbuhkan kreativitas peserta didik. Oleh karena itu, tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Outing Class serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dari implementasi metode pembelajaran Outing Class dalam menumbuhkan kreativitas peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis penelitian case study research (studi kasus) dan bersifat deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta dengan subjek dari penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik. Objek dari penelitian ini yaitu implementasi metode pembelajaran Outing Class untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta sudah mengimplementasikan metode pembelajaran Outing Class sebagai upaya dalam menumbuhkan kreativitas pada peserta didik. Adapun faktor pendukung penumbuhan kreativitas peserta didik dalam kegiatan Outing Class pada kegiatan mewarnai bersama yaitu, waktu yang cukup, guru, dukungan orang tua, sarana prasarana yang memadai. Selain itu terdapat faktor penghambat yaitu pemberian evaluasi, persaingan antar peserta didik, lingkungan yang membatasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Outing class, kreativitas, karakteristik peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:04
Last Modified: 02 Oct 2024 02:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75726

Actions (login required)

View Item View Item