Sekartanjung, Harnum (2024) Implementasi metode pembelajaran Outing Class untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005233_JUDUL__240812023342.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005233_BAB_I__240812120038.pdf Download (518kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005233_BAB_II__240812120038.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005233_BAB_III__240812120038.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005233_BAB_IV__240812120038.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005233_BAB_V__240812120039.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005233_DAFTAR_PUSTAKA__240812120039.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005233_LAMPIRAN__240812120039.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005233_NASKAH_PUBLIKASI__240812120039.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajarann Outing Class dilakukan berdasarkan hasil observasi kegiatan peserta didik pada saat proses pembelajaran. Pada saat dikelas, peserta didik menunjukkan rasa bosan dikarenakan pembelajaran yang monoton, sehingga menyebabkan suasana kelas menjadi tidak efektif. Variasi metode pembelajaran perlu dilakukan sebagai cara dalam mengatasi rasa bosan peserta didik. Metode pembelajaran yang tepat, dapat memberikan semangat peserta didik sehingga menumbuhkan kreativitas peserta didik. Oleh karena itu, tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Outing Class serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dari implementasi metode pembelajaran Outing Class dalam menumbuhkan kreativitas peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis penelitian case study research (studi kasus) dan bersifat deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta dengan subjek dari penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik. Objek dari penelitian ini yaitu implementasi metode pembelajaran Outing Class untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta sudah mengimplementasikan metode pembelajaran Outing Class sebagai upaya dalam menumbuhkan kreativitas pada peserta didik. Adapun faktor pendukung penumbuhan kreativitas peserta didik dalam kegiatan Outing Class pada kegiatan mewarnai bersama yaitu, waktu yang cukup, guru, dukungan orang tua, sarana prasarana yang memadai. Selain itu terdapat faktor penghambat yaitu pemberian evaluasi, persaingan antar peserta didik, lingkungan yang membatasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Outing class, kreativitas, karakteristik peserta didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 02:04 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:04 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75726 |
Actions (login required)
View Item |