Efektivitas Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap keterampilan membaca dan menulis permulaan peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Purbayan Yogyakarta

Dwi Damayanti, Diah (2024) Efektivitas Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap keterampilan membaca dan menulis permulaan peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Purbayan Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005343_JUDUL__240826102918.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005343_BAB_I__240825122042.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005343_BAB_II__240825122042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005343_BAB_III__240825122042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005343_BAB_IV__240825122042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005343_BAB_V__240825122042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005343_DAFTAR_PUSTAKA__240825122042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005343_LAMPIRAN__240825122042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan guru dalam keterampilan membaca dan menulis pada Fase B dan C. Keterampilan membaca dan menulis peserta didik fase A (Kelas II) SD Muhammadiyah Purbayan Yogyakarta masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model CIRC ini efektif terhadap keterampilan membaca dan menulis permulaan peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Purbayan Yogyakarta.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif deskriptif, dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Muhammadiyah Yogyakarta dengan sampel 23 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data diperoleh dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa model CIRC efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Purbayan Yogyakarta. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan uji paired sample t-test keterampilan membaca menunjukkan nilai t sebesar -5.391 dan signifikansi 0,000. Serta model CIRC ini juga efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis permulaan peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Purbayan Yogyakarta. Hal ini dapat terlihat bahwa, hasil dari uji paired sample t-test keterampilan menulis menunjukkan nilai t sebesar -10.200 dan signifikansi 0,000. Hasil uji bernilai signifikan yaitu < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: CIRC, keterampilan membaca, keterampilan menulis, permulaan, pembelajaran bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 03 Oct 2024 09:17
Last Modified: 03 Oct 2024 09:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75817

Actions (login required)

View Item View Item