Dwi Damayanti, Diah (2024) Efektivitas Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap keterampilan membaca dan menulis permulaan peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Purbayan Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005343_JUDUL__240826102918.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005343_BAB_I__240825122042.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005343_BAB_II__240825122042.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005343_BAB_III__240825122042.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005343_BAB_IV__240825122042.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005343_BAB_V__240825122042.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005343_DAFTAR_PUSTAKA__240825122042.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005343_LAMPIRAN__240825122042.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan guru dalam keterampilan membaca dan menulis pada Fase B dan C. Keterampilan membaca dan menulis peserta didik fase A (Kelas II) SD Muhammadiyah Purbayan Yogyakarta masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model CIRC ini efektif terhadap keterampilan membaca dan menulis permulaan peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Purbayan Yogyakarta.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif deskriptif, dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Muhammadiyah Yogyakarta dengan sampel 23 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data diperoleh dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa model CIRC efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Purbayan Yogyakarta. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan uji paired sample t-test keterampilan membaca menunjukkan nilai t sebesar -5.391 dan signifikansi 0,000. Serta model CIRC ini juga efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis permulaan peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Purbayan Yogyakarta. Hal ini dapat terlihat bahwa, hasil dari uji paired sample t-test keterampilan menulis menunjukkan nilai t sebesar -10.200 dan signifikansi 0,000. Hasil uji bernilai signifikan yaitu < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | CIRC, keterampilan membaca, keterampilan menulis, permulaan, pembelajaran bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 09:17 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 09:17 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75817 |
Actions (login required)
View Item |