Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Kalibawang Kulon Progo D.I Yogyakarta

Yustia Afifiani, Yessi (2024) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Kalibawang Kulon Progo D.I Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031195_JUDUL__240923023753.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031195_BAB_I__240923020411.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031195_BAB_II__240923020411.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031195_BAB_III__240923020411.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031195_BAB_IV__240923020411.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031195_BAB_V__240923020411.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031195_DAFTAR_PUSTAKA__240923020411.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031195_LAMPIRAN__240923020411.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai sekolah unggulan tidak menutup kemungkinan lembaga sekolah tersebut masih harus mengayomi peserta didik dengan kenakalan- kenakalan tertentu di masa remajanya, terutama remaja usia 13- 16 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut terkait bentuk- bentuk kenakalan siswa, peran guru Pendidikan Agama Islam, faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Kalibawang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik dan waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, terdapat beberapa kenakalan yang dilakukan oleh siswa di lingkungan sekolah berupa tidak mengerjakan PR, mencontek, membolos, bermain game saat pelajaran, tidak memperhatikan guru, kedua yaitu adanya peran yang dilakukan guru untuk mengatasi kenakalan siswa dengan menjadikan guru sebagai pengganti orang tua saat di sekolah, motivator, pemberi nasehat dan menanamkan nilai- nilai keagamaan bagi siswa. Ketiga, terdapat faktor pendukung peran guru tersebut yaitu adanya kerjasama antar guru, dukungan dari kepala sekolah dan adanya tata tertib di sekolah. Keempat, faktor penghambat peran guru yaitu, sikap orang tua yang kurang terbuka, kurang pendekatan dengan peserta didik, adanya faktor dari keluarga dan teman sebaya.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Peran, guru pendidikan agama islam, kenakalan siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 05 Oct 2024 01:29
Last Modified: 05 Oct 2024 01:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75867

Actions (login required)

View Item View Item