Yustia Afifiani, Yessi (2024) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Kalibawang Kulon Progo D.I Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031195_JUDUL__240923023753.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031195_BAB_I__240923020411.pdf Download (585kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031195_BAB_II__240923020411.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031195_BAB_III__240923020411.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031195_BAB_IV__240923020411.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031195_BAB_V__240923020411.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031195_DAFTAR_PUSTAKA__240923020411.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031195_LAMPIRAN__240923020411.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sebagai sekolah unggulan tidak menutup kemungkinan lembaga sekolah tersebut masih harus mengayomi peserta didik dengan kenakalan- kenakalan tertentu di masa remajanya, terutama remaja usia 13- 16 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut terkait bentuk- bentuk kenakalan siswa, peran guru Pendidikan Agama Islam, faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Kalibawang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik dan waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, terdapat beberapa kenakalan yang dilakukan oleh siswa di lingkungan sekolah berupa tidak mengerjakan PR, mencontek, membolos, bermain game saat pelajaran, tidak memperhatikan guru, kedua yaitu adanya peran yang dilakukan guru untuk mengatasi kenakalan siswa dengan menjadikan guru sebagai pengganti orang tua saat di sekolah, motivator, pemberi nasehat dan menanamkan nilai- nilai keagamaan bagi siswa. Ketiga, terdapat faktor pendukung peran guru tersebut yaitu adanya kerjasama antar guru, dukungan dari kepala sekolah dan adanya tata tertib di sekolah. Keempat, faktor penghambat peran guru yaitu, sikap orang tua yang kurang terbuka, kurang pendekatan dengan peserta didik, adanya faktor dari keluarga dan teman sebaya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Peran, guru pendidikan agama islam, kenakalan siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 Oct 2024 01:29 |
Last Modified: | 05 Oct 2024 01:29 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75867 |
Actions (login required)
View Item |