KARLINA, NINIK (2023) Prinsip kesantunan berbahasa antar peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di SD Negeri 2 Manggar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800005088_JUDUL__230404111943.pdf Download (738kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800005088_BAB_I__230331081944.pdf Download (134kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800005088_BAB_II__230331081944.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800005088_BAB_III__230331081944.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800005088_BAB_IV__230404111944.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800005088_BAB_V__230404111944.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005088_DAFTAR_PUSTAKA__230407111954.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1800005088_LAMPIRAN__230331081944.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005088_NASKAH_PUBLIKASI__230331081944.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip kesantunan berbahasa antar peserta didik
dalam kegiatan belajar mengajar di kelas V SD Negeri 2 Manggar berdasarkan prinsip kesantunan Geoffrey
Leech. Prinsip kesantunan berbahasa dibagi menjadi enam maksim yaitu, maksim kebijaksanaan, maksim
penerimaan, maksim penghargaan, maksim kerendahan hati, maksim kecocokan, dan maksim kesimpatian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek
penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik kelas V SD Negeri 2 Manggar. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat Pematuhan maksim
kebijaksanaan sebanyak 3 tuturan, maksim penerimaan sebanyak 5 tuturan, maksim penghargaan sebanyak 3
tuturan, maksim kerendahan hati sebanyak 2 tuturan, maksim kecocokan sebanyak 4 tuturan, dan maksim
kesimpatian sebanyak 3 tuturan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Prinsip kesantunan berbahasa, maksim, peserta didik, metode penelitian, tuturan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 02:46 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 02:46 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76073 |
Actions (login required)
View Item |