Prinsip kesantunan berbahasa antar peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di SD Negeri 2 Manggar

KARLINA, NINIK (2023) Prinsip kesantunan berbahasa antar peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di SD Negeri 2 Manggar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005088_JUDUL__230404111943.pdf

Download (738kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005088_BAB_I__230331081944.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005088_BAB_II__230331081944.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005088_BAB_III__230331081944.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005088_BAB_IV__230404111944.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005088_BAB_V__230404111944.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005088_DAFTAR_PUSTAKA__230407111954.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005088_LAMPIRAN__230331081944.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005088_NASKAH_PUBLIKASI__230331081944.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip kesantunan berbahasa antar peserta didik
dalam kegiatan belajar mengajar di kelas V SD Negeri 2 Manggar berdasarkan prinsip kesantunan Geoffrey
Leech. Prinsip kesantunan berbahasa dibagi menjadi enam maksim yaitu, maksim kebijaksanaan, maksim
penerimaan, maksim penghargaan, maksim kerendahan hati, maksim kecocokan, dan maksim kesimpatian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek
penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik kelas V SD Negeri 2 Manggar. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat Pematuhan maksim
kebijaksanaan sebanyak 3 tuturan, maksim penerimaan sebanyak 5 tuturan, maksim penghargaan sebanyak 3
tuturan, maksim kerendahan hati sebanyak 2 tuturan, maksim kecocokan sebanyak 4 tuturan, dan maksim
kesimpatian sebanyak 3 tuturan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Prinsip kesantunan berbahasa, maksim, peserta didik, metode penelitian, tuturan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:46
Last Modified: 08 Oct 2024 02:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76073

Actions (login required)

View Item View Item