Analisis pengaruh promosi dan harga terhadap minat beli pada Marketplace Bukalapak (studi kasus di kota Cirebon)

FEBRIYAN, RISKY (2023) Analisis pengaruh promosi dan harga terhadap minat beli pada Marketplace Bukalapak (studi kasus di kota Cirebon). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700019086_JUDUL__230905014729.pdf

Download (791kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700019086_BAB_I__230905014729.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700019086_BAB_II__230905014729.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700019086_BAB_III__230905014729.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700019086_BAB_IV__230905014729.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700019086_BAB_V__230905014729.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700019086_DAFTAR_PUSTAKA__230905014729.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1700019086_LAMPIRAN__230905014729.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy

Abstract

Bukalapak merupakan marketplace online yang berdiri pada tahun 2010 dan salah satu
marketplace online yang terkemuka buatan anak Indonesia. Bukalapak menawarkan
transaksi jual-beli kepada konsumen dan mengalami penurunan pengunjung setiap
bulannya yang menunjukan terdapat masalah penurunan minat pembelian. Untuk mencari
informasi lebih lanjut mengenai minat pembelian maka penelitian ini melakukan
penyebaran kuisioner pada masyarakat Cirebon yang pernah menggunakan aplikasi
Bukalapak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi
dan harga terhadap minat beli masyarakat Cirebon terhadap marketplace Bukalapak.
Penentuan variabel dilakukan dengan penyebaran kuesioner terbuka kepada masyarakat
Cirebon yang menggunakan marketplace Bukalapak dan studi literatur, diperoleh variabel
promosi dan harga. Populasi penelitian ini masyarakat Cirebon yang pernah menggunakan
marketplace Bukalapak dengan penentuan sampel menggunakan metode Hair. Metode ini
digunakan karena populasi tidak diketahui. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 129.
Metode yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli
pada marketplace Bukalapak. Semakin besar promosi yang diberikan maka minat beli
masyarakat juga semakin meningkat. Harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli
pada marketplace Bukalapak, semakin rendah harga yang ditawarkan maka semakin besar
minat beli pada marketplace Bukalapak.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Harga, marketplace bukalapak, minat beli, promosi, regresi berganda
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 10 Oct 2024 01:37
Last Modified: 10 Oct 2024 01:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76267

Actions (login required)

View Item View Item